fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


11 Ramadhan 1442  |  Jumat 23 April 2021

Pengaruh Gaji Teman Lebih Besar pada Semangat Kerja

Fiqhislam.com - Bukannya merasa iri, gaji rekan kerja yang lebih besar justru akan membuat seseorang terinspirasi dan akan bekerja lebih giat lagi. Bagaimana jelasnya?

Pengaruh Gaji Teman Lebih Besar pada Semangat Kerja Mengetahui bahwa rekan kerja mendapatkan gaji lebih besar dapat membuat Anda bahagia, tetapi itu berlaku hanya jika Anda berusia di bawah 45 tahun.

Bukannya justru iri atau sebal dengan yang bergaji lebih besar, ekonom terkemuka mengatakan bahwa karyawan usia muda akan merasa lebih bahagia dalam bekerja karena mereka berpikir bahwa suatu hari mereka akan mendapatkan jumlah gaji yang sama.

Namun, sebaliknya efek tersebut tak akan berlaku bila Anda sudah berusia 45 tahun. Justru dapat menyebabkan rendah diri dan kepuasan kerja yang lebih rendah.

Studi berjudul So Far So Good: Age, Sex, Happiness and Relative Income didasarkan pada sejumlah survei yang dilakukan di Jerman dan melibatkan ekonom di St Andrews University, Hull University, dan Hamburg Institute of International Economics.

Efek negatif dari membandingkan gaji pun tidak terlalu signifikan pada karyawan berusia tua. Di usia menjelang pensiun, orang menjadi kurang peduli tentang pendapatan mereka dan rekan-rekannya. Itu mungkin karena mereka lebih memedulikan masalah penuaan dan kesehatan, kata para peneliti.

Profesor Felix FitzRoy dari St Andrews mengatakan, "Penelitian ini memberikan gambaran efek pendapatan pada kebahagiaan dan menggarisbawahi pentingnya aspirasi karier dan kesempatan bagi kaum muda."

mediaindonesia.com