pustaka.png
basmalah.png.orig


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

5 Langkah Pertama terhadap Ide

Fiqhislam.com - Entrepreneur adalah sekelompok ‘orang gila’ yang penuh dengan ide tak lazim dan antusiasme yang jarang ditemui pada orang kebanyakan.

5 Langkah Pertama terhadap Ide Kini orang berasumsi bahwa Anda adalah entrepreneur yang sukses atau Anda sudah memiliki sebuah startup. Sejumlah entrepreneur pemula memunyai ide tetapi belum memiliki sebuah startup.

Berikut adalah 5 langkah pertama yang perlu diambil oleh entrepreneur dengan ide yang ia miliki:

  1. Dapatkan rekan untuk mendirikan sebuah startup: Anda bisa melakukannya sendiri tetapi akan lebih menyenangkan dan ringan dan peluang sukses juga akan lebih terbuka lebar jika Anda memiliki rekan dalam perjalanan menuju sukses.
  2. Dapatkan konsumen: Sekelompok konsumen idealnya sudah siap sebelum produk Anda selesai dikerjakan  sehingga Anda tidak membuat sesuatu semata-mata hanya karena ingin membuatnya. Sebaiknya sudah ada konsumen yang berkeinginan membelinya.
  3. Mulai membuat produk dengan masukan konsumen: Dengan sudah adanya konsumen yang memakai produk Anda, buatlah sebuah versi beta yang dirancang dalam sebuah proses kolaboratif.
  4. Dapatkan konsumen lebih banyak: Konsumen ibarat oksigen bagi produk Anda tetapi jangan biarkan satu konsumen tertentu mendominasi percakapan dengan Anda sebagai produsen.
  5. Tingkatkan produk yang sudah ada berdasarkan pada visi Anda dan masukan konsumen: Terus lakukan secara berulang dua hal tadi (poin 3-4). Mendapatkan konsumen dan menyempurnakan produk secara terus menerus akan membawa kemajuan bagi bisnis Anda.

Hal ini tentunya bukan sebuah prosedur yang mengikat bagi entrepreneur yang memiliki ide tetapi pada intinya itulah yang harus dilakukan: cari rekan, mulai dapatkan konsumen dan buat produk nyata.  Apa lagi yang bisa Anda lakukan selain itu? Langkah apa yang Anda akan lakukan sebagai entrepreneur untuk meweujudkan ide bisnis menjadi nyata?

ciputraentrepreneurship.com