fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Ramadhan 1442  |  Selasa 13 April 2021

7 Langkah untuk Raih Target Karier yang Besar

7 Langkah untuk Raih Target Karier yang Besar


Fiqhislam.com - Resolusi karier yang Anda tahun ini mungkin akan menemukan pekerjaan baru, mendapatkan kenaikan gaji, atau menemukan pekerjaan sesuai passion Anda! Tapi seiring berlalunya waktu, Anda mudah merasa terbebani oleh tujuan besar ini dan membiarkannya begitu saja tanpa berani mencapainya.

Anda harus mengatur langkah demi langkah kedepan untuk mencapai tujuan Anda yang besar tersebut. Dalam semangat itu, ada 7 hal yang bisa Anda lakukan mulai hari ini untuk mengarahkan diri ke arah impian Anda, tidak peduli apa atau seberapa besar tantangan untuk mencapai mereka, seperti yang dilansir dari laman The Muse.

1. Tanyakan pada diri sendiri satu pertanyaan yang sulit

Terkadang pertanyaan yang paling Anda butuhkan adalah yang tidak Anda pikirkan. Misalnya: "Mengapa saya ingin mengganti pekerjaan saya?", "Apa tiga kata yang akan digunakan manajer saya untuk menggambarkan etos kerja saya?"; atau "Apa rekan saya dalam posisi yang ingin saya mendapatkan promosi telah melakukan hal yang berbeda atau lebih baik dari saya?"

Sekalipun jawabannya bukan seperti yang Anda harapkan, ini adalah titik awal yang penting saat Anda merencanakan langkah berikutnya dan yang Anda perlukan.

2. Carilah contoh keberhasilan karier

Tidak peduli apa yang ingin Anda capai, baik itu beralih bidang, berinovasi, mendapatkan promosi, coba pikirkan metode yang benar, dan mulailah dari sana.

Eksplorasilan bagaimana orang bisa mendapatkan dari titik A ke titik B? Jelajahi profil orang-orang tersebut, yang menurut Anda terlihat menarik dan lihat bagaimana mereka berada di posisi mereka sekarang. Jalan karier mereka bisa memberi Anda gambaran ke mana harus pergi selanjutnya.

3. Temukan sponsor karier

Ke mana pun Anda ingin pergi, carilah orang-orang yang akan mendukung perjalanan Anda. Ketahuilah sponsor karier lebih penting daripada mentor karir.

Jadi, apa bedanya? Mentor bisa berperan dalam mengajari Anda keterampilan baru. Tapi sponsor karier melihat-lihat untuk kepentingan terbaik Anda dan dapat membantu Anda melacak karier Anda dengan cepat.

Ketika mereka bekerja di perusahaan Anda, sponsor karier dapat membantu Anda menavigasi politik kantor atau menganjurkan Anda untuk menerima promosi atau kenaikan gaji. Sponsor karier eksternal adalah seseorang yang memiliki kesempatan untuk memajukan karier Anda atau menyarankan Anda untuk menjadi bintang yang sedang naik daun di industri Anda.

4. Berjuang untuk keunggulan

Melakukan pekerjaan dengan biasa saja tidak baik untuk Anda, atasan Anda, atau prospek untuk pekerjaan Anda selanjutnya. Jadi kerjalah untuk tampil unggul, bekerja melampaui pekerjaan biasanya. Ini akan menghasilkan keunggulan dalam setiap aspek karier dan kehidupan Anda, bahkan prospek pencarian pekerjaan Anda.

5. Menjadi ahli

Carilah area di mana Anda bisa memasukkan keahlian unik Anda untuk digunakan. Kemudian, bekerja sukarela untuk proyek yang memungkinkan Anda menggunakan keterampilan ini dan menunjukkannya kepada lingkunagn kerja.

Misalnya, jika Anda ingin menjadi pakar pencitraan merek, pertimbangkan untuk menunjukkan kepada pengelola situs web pribadi Anda. Lalu, tanyakan apakah ada kesempatan bagi Anda untuk menerapkan keterampilan Anda. Setelah Anda berhasil berkontribusi pada beberapa tugas, Anda akan menjadi sangat penting saat proyek serupa dibahas.

6. Gaun untuk pekerjaan yang Anda inginkan

Saat Anda ingin meningkatkan resume, pertimbangkan untuk meningkatkan gaya berpakaian Anda. Karena memang orang akan menilai pada pandangan pertam, seperti menilai buku dengan sampulnya.

Diperlukan hanya tiga sampai lima detik bagi seseorang untuk membentuk kesan pertama. Sementara Anda mungkin berharap bahwa penilaian didasarkan pada kecerdasan atau pengalaman Anda. Sayanganya, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa kesan pertama dibentuk oleh apa yang dapat dilihat atau didengar dalam beberapa detik awal. Jadi, jika Anda belum melakukannya, maka penuhilah lemari Anda dipenuhi pakaian profesional.

7. Jadilah realistik

Banyak orang beranggapan bahwa, begitu mereka menemukan pekerjaan yang tepat, mereka akan mencintai setiap aspeknya. Sayangnya, itu tidak akan terjadi. Bahkan jika Anda telah menemukan pekerjaan impian Anda, ini tetap disebut pekerjaan, dan Anda dibayar untuk melakukannya karena suatu alasan!

Triknya adalah dengan mencari tahu bagian yang Anda cintai dan juga bagian yang tidak Anda sukai, kemudian menemukan cara untuk membuat bagian-bagian yang menjengkelkan tersebut jadi lebih menyenangkan. [yy/okezone]

 

Tags: Karier | Sukses