fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


30 Sya'ban 1442  |  Senin 12 April 2021

Fresh Graduate, Kenali 4 Ciri Lowongan Kerja Palsu

Fresh Graduate, Kenali 4 Ciri Lowongan Kerja Palsu


Fiqhislam.com - Kemudahan mencari informasi di era modern seperti ini memang sangat bermanfaat. Namun, akan selalu ada oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang membagikan informasi palsu atau dalam hal ini adalah lowongan kerja palsu. Target utama mereka adalah para pencari kerja yang sedang serius ingin memulai karier dan para murid/mahasiswa yang baru saja menyelesaikan pendidikannya. Berikut adalah 4 ciri-ciri lowongan kerja palsu yang wajib kamu waspadai.

Meminta sejumlah uang

Pada umumnya tidak ada lowongan kerja yang menyuruh calon pekerjanya mengirim atau membayar sejumlah uang agar bisa bekerja di tempat mereka. Jika kamu mendapat tawaran kerja namun harus membayar sejumlah uang dengan berbagai macam alasan administratif lainnya, kamu wajib waspada dan segera urungkan niat untuk meneruskan proses perekrutan di perusahaan tersebut.

Alamat email yang meragukan

Apakah kamu pernah mendapat informasi lowongan kerja lewat pesan elektronik/email? Jika iya, perhatikan alamat email perusahaan tersebut sebelum kamu menindaklanjuti tawaran kerja tersebut. Biasanya para penipu menggunakan nama perusahaan-perusahaan besar seperti Pertamina, Bank Indonesia dan perusahaan ternama lainnya. Namun, bila kamu menemukan alamat email perusahaan sebesar itu menggunakan domain umum seperti gmail, ymail dan sebagainya (contoh: HRDPertamina@gmail.com), kamu wajib curiga sobat. Karena kemungkinan besarnya, lowongan kerja tersebut dikirim oleh seorang penipu dan bukan dari perusahaan yang sebenarnya.

Lowongan kerja berada disebuah blog dan bukan website resmi

Biasanya perusahaan yang melakukan penipuan akan memasang info lowongan kerjanya pada sebuah blog buatan mereka dan tidak memakai website yang resmi. Jika kamu menemukan info lowongan kerja dan diarahkan ke sebuah blog demi membuat kamu yakin, justru dengan tidak meyakininya adalah keputusan terbaik yang wajib kamu ambil.

Tawaran gaji yang tidak masuk akal

Menawarkan gaji yang besar biasanya menjadi senjata andalan yang akan digunakan oleh para perusahaan penipu untuk menjalankan usahanya. Meski yang terjadi di lapangan malah kejanggalan yang harusnya bisa dicurigai oleh siapapun. Misalnya, mereka menawarkan kamu lowongan kerja untuk posisi Admin dengan gaji diatas Rp6 juta meskipun kamu tidak memiliki pengalaman apapun. Di saat kamu mendapati lowongan kerja semacam ini, baik melalui email, telepon ataupun interview langsung kamu wajib waspada.

Untuk kamu yang akan atau sedang mencari pekerjaan, berhati-hati dan waspada adalah sebuah kewajiban. Perhatikan pola perekrutan dan hindari setiap perusahaan yang melakukan salah satu ciri-ciri diatas ya sobat. Semoga kamu bisa terhindar dari lowongan kerja palsu semacam itu dan bisa menemukan lowongan kerja yang tepat untuk perjalanan kariermu. [yy/okezone]

 

 

Tags: Lowongan | Kerja | Karir | Sukses