10 Muharram 1444  |  Senin 08 Agustus 2022

basmalah.png

10 Cara Agar Cepat Dapat Promosi Jabatan

Fiqhislam.com - Bagaimana caranya agar bisa cepat dapat promosi jabatan? Seberapa besar pun bos menyukai Anda, bukan berarti promosi tersebut akan didapat dengan mudah.

10 Cara Agar Cepat Dapat Promosi JabatanAda hal-hal tertentu yang diharapkan atasan Anda mengetahuinya tanpa harus diberitahu, sehingga promosi jabatan pun bisa diberikannya..

1. Perhatikan Keseharian Anda di Luar Kantor
Saat di kantor, mungkin bos tidak selalu memperhatikan gerak-gerik bawahannya secara detail. Meskipun demikian, bukan berarti karyawannya bisa semena-mena untuk tidak bersikap profesional. Tanyakanlah pada diri sendiri, apakah ingin bos selalu membaca keluh kesah serta curhatan setiap kali Anda memposting di situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Seorang President of Factor in Talent di sebuah perusahaan konsultan yang berbasis di Massachusetts, Edith Onderick Harvey mengatakan, “Hati-hatilah untuk berbagi cerita soal akhir pekan. Jika tidak, mungkin saja atasan akan melihat Anda kurang profesional dan hal tersebut akan memengaruhi dia menghargai Anda sebagai karyawannya.”

2. Sikap Anda Sama Pentingnya dengan Pekerjaan
Suka atau tidak, politik kantor memang menjadi bagian dari keseharian kerja, bahkan dalam jangka waktu yang panjang. Onderick Harvey mengatakan bahwa, "seorang manajer di kantor mungkin tidak akan memberitahukan kepada Anda bahwa pekerjaan yang diperintahkan merupakan tanggung jawab Anda yang harus diselesaikan secepatnya." Jadi maksudnya yaitu tanpa harus disuruh, tanpa harus dikatakan, Anda harus sadar dan inisiatif sendiri.

Perilaku, sikap dan sifat Anda ibarat sama pentingnya dengan pekerjan. Oleh karena itu, bersikaplah sopan dan santun, karena jika bersikap kasar atau tidak menyenangkan, dapat menyulitkan Anda untuk mendapatkan promosi dari atasan.

3. Jangan Takut Berbicara
Jangan takut untuk membuat diri Anda didengar oleh orang lain, baik itu dengan atasan atau rekan kerja lainnya. “Para karyawan yang berharga selalu tidak pernah takut untuk mengambil inisiatif,” kata Patty Briguglio, seorang President of MMI Public Relations di California Utara.

“Saya suka memiliki karyawan yang tidak takut menunjukkan kepribadiannya. Saya tidak ingin seseorang yang hanya diam dan berada di belakang meja kerja saja,” tambahnya. Jadi jika Anda menginginkan promosi, berusahalah untuk selalu memberikan opini dan memiliki inisiatif. Biarkan atasan Anda tahu apa yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan.

4. Perhatikan Kemauan Pimpinan
Jika tidak yakin apakah si bos lebih suka berkomunikasi dalam rapat atau justru menyukai komunikasi lewat telepon, sms, maupun e-mail, jangan ragu untuk bertanya langsung padanya. Cara ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang memiliki inisiatif. Setelah mengetahuinya, Anda akan bisa menyesuaikannya lebih lanjut. Misalnya, jika atasan lebih suka berkomunikasi dengan karyawannya melalui e-mail, maka sebaiknya tidak mendorongnya untuk selalu berkomunikasi dengan Anda secara langsung.

5. Miliki Motivasi
Saat Anda berhasil menyelesaikan sebuah pekerjaan atau proyek besar bersama tim atau rekan kerja, jangan lupa untuk mengucapkan ucapan selamat pada tim Anda melalui e-mail. Anda juga perlu CC hal tersebut kepada bos. Cara tersebut membantu Anda untuk mengirimkan review atau laporan dari proyek yang sudah terselesaikan dengan baik.

6. Beritahu Bos Kinerja Kerja Anda
Daniel Debow, pendiri perusahaan Rypple mengatakan bahwa Anda dapat mencoba mengingatkan kepada atasan tentang rincian pekerjaan yang sudah dikerjakan dari beberapa bulan yang lalu. Hal ini penting agar si bos mengetahui segala kesuksesan yang sudah diraih oleh Anda. Cara tersebut dapat menjadi alat penghubung Anda dengan atasan secara berkala setiap tahunnya.

7. Perhatikan Cara Berbusana Anda
Berpakaian dengan rapi dan formal memang merupakan kebijakan setiap kantor. Oleh karena itu, perhatikanlah cara berpakaian agar si bos menganggap Anda sebagai karyawan yang sopan dan suka menaati peraturan kantor.

8. Berikan Semangat Kepada Atasan
Stefanie Smith, Kepala Konsultan Firma Hukum Stratex mengatakan bahwa jika Anda membuat atasan di kantor merasa lebih baik, maka Anda pun akan menuai hasilnya di kemudian hari. Umumnya, seorang bos juga memerlukan dorongan berupa semangat dari karyawannya yang dapat menciptakan keuntungan baginya di depan publik. Oleh karena itu, pujilah atasan Anda di depan orang lain atas hasil kerjanya dan tunjukkan melalui kata-kata singkat dengan tulus.

9. Berusaha Memberikan Solusi
"Sebagian besar karyawan tentu pernah menciptakan masalah dan berharap bos bisa membantu untuk menyelesaikannya," papar Jennifer Prosek, CEO dari Consulting CJP Communications.

Oleh karena itu, karyawan yang lebih menonjol adalah bagian dari sebuah solusi. "Jika Anda berjuang demi sebuah proyek dan tidak yakin apa yang harus dilakukan selanjutnya, berikanlah tiga pilihan alternatif kepada atasan. Jika dia menginstruksikan Anda untuk melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda, tentunya dia akan menghargai bahwa Anda berpikir ke depan," tambah Jennifer.

10. Bertanggung Jawab Atas Tindakan Anda
Jika Anda datang ke kantor terlambat atau gagal memenangkan tender yang besar, jangan sampai Anda mencoba untuk menyalahkan orang lain. Ada saatnya seseorang membuat suatu kesalahan yang fatal dalam hal apa pun yang dilakukan. Jadi sebaiknya berusahalah untuk mengakui kesalahan yang dilakukan dan berjanjilah untuk tidak mengulanginya kembali. Hal tersebut juga dikatakan oleh Deborah Becker, pemilik State Farm Insurance di Wisconsin.

wolipop.detik.com