fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Syawal 1442  |  Kamis 13 Mei 2021

10 Kebiasaan yang Bisa Menumbuhkan Rasa Percaya Diri di Kantor

10 Kebiasaan yang Bisa Menumbuhkan Rasa Percaya Diri di Kantor


Fiqhislam.com - Rasa percaya diri bukanlah sesuatu yang ada dalam diri manusia sejak lahir. Coba saja pikir. Ketika masih kecil, kita harus bergantung pada orang-orang di sekitar kita untuk bertahan hidup dan tumbuh. Perlahan-lahan kita belajar berjalan, makan, berpakaian, serta berkomunikasi. Lalu kita masuk sekolah atau kuliah, kemudian lulus dalam keadaan tidak punya pengalaman kerja sama sekali.

Setelah masuk dunia profesional, rasa percaya diri bisa turun karena kita melakukan kesalahan, atau tumbuh karena kita berhasil menjalankan tugas dengan baik. Ke mana arah perkembangan rasa percaya diri itu ditentukan oleh cara kita merespons kritik, kemampuan belajar, serta keputusan yang kita ambil sehari-hari. Menumbuhkan rasa percaya diri di tempat kerja itu bukan hal sulit, asalkan kamu menerapkan sepuluh kebiasaan ini.

Pamerkan keberhasilanmu

Mendengar kata “pamer” mungkin kamu langsung berpikir bahwa ini sikap negatif. Tapi bila kamu hanya melakukannya sedikit saja, menunjukkan keberhasilan kepada orang lain bisa memunculkan rasa percaya diri. Tunjukkanlah bahwa kamu berhasil meraih sebuah pencapaian yang menguntungkan perusahaan, agar kamu terbiasa mengakui prestasi diri sendiri.

Katakan bahwa kamu akan menyelesaikan tugas

Percaya diri berawal dari niat. Beritahu orang di sekitarmu bahwa kamu akan menyelesaikan tugasmu, kemudian bekerjalah untuk menyelesaikannya. Dengan menyatakan tujuanmu pada orang lain dan menepatinya kamu akan merasa lebih bertanggung jawab. Kamu juga sekaligus menumbuhkan kredibilitas serta wibawa di kantor. Tapi ingat, gagal menyelesaikan tugas bisa memberi dampak sebaliknya.

Utarakan isi pikiranmu

Rasa rendah diri bisa menjadi penghalang bagimu untuk mengatakan apa yang benar-benar ada dalam pikiranmu. Kamu harus menyingkirkan penghalang itu. Mulailah mencoba berpendapat dalam rapat, meski awalnya sulit tapi lama-lama kamu akan terbiasa. Setidaknya dengan berbicara, kamu bisa melihat bagaimana reaksi orang terhadap idemu, kemudian memperbaikinya bila perlu.

Gunakan kritik personal sebagai motivasi

Terkadang kita mengalami serangan personal dari orang lain di tempat kerja. Bahkan mungkin semua orang pernah mengalaminya. Komentar negatif seperti ini biasanya bertujuan merendahkanmu atau membuatmu kehilangan rasa percaya diri. Bila ini terjadi, jangan marah. Gunakan kritik itu sebagai landasan untuk introspeksi.

Latih kemampuanmu

Kamu mungkin ragu terhadap diri sendiri karena merasa tidak punya kemampuan untuk melakukan sebuah tugas. Pelatihan adalah solusi tepat sasaran untuk masalah ini. Ikuti seminar dan kursus online yang berkaitan dengan bidangmu untuk melawan rasa minder tersebut.

Perluas wawasan

Kamu bisa melawan rasa rendah diri dengan banyak belajar. Baca berbagai buku, tonton presentasi dari TED, atau bertukarlah pikiran dengan para ahli. Dengan memahami beragam masalah kompleks, kamu akan merasa lebih percaya diri. Hati-hati, begitu kamu mulai tahu banyak hal, kamu bisa terjebak dalam sikap sok tahu. Padahal di luar sana masih banyak orang yang lebih pintar darimu.

Menolak kritik yang tidak valid

Terkadang sebuah kritik bisa bermanfaat untuk kita, tapi bisa juga tidak. Apalagi bila kritik tersebut mengandung pernyataan yang tidak benar tentang dirimu. Masalahnya, otak kita cenderung lebih banyak berkutat pada komentar negatif daripada positif. Ketika ada kritik yang kamu tahu salah, tolaklah kritik itu dengan tegas. Jangan biarkan pikiran negatif tersisa dalam pikiran dan menghantuimu.

Senyum

Orang dengan rasa percaya diri yang tinggi cenderung untuk murah senyum. Tapi senyum juga bisa muncul dari kebiasaan. Bila kamu datang ke kantor, sapalah kolegamu dengan senyum dan tanyakan kabar mereka. Mengetahui lebih banyak tentang apa yang terjadi di kantor akan mendorongmu untuk bersikap lebih baik, dan rasa positif itu akan menular.

Berjalan dengan semangat

Caramu bergerak di lingkungan kantor bisa berpengaruh terhadap mood. Mungkin terdengar konyol, namun begitulah adanya. Datanglah ke ruang meeting dengan sigap. Bergeraklah dari satu tempat ke tempat lain secara bersemangat. Orang lain akan merasakan energi yang ada dalam dirimu, dan kamu akan merasa lebih mantap dalam mengerjakan tugas.

Bergaul dengan orang-orang yang tepat

Cara terbaik meningkatkan rasa percaya diri adalah bergaul dengan orang-orang yang bisa memberimu semangat. Yaitu orang-orang yang menghargai usahamu, bahkan menyadari hal-hal kecil yang kamu lakukan. Bila kamu bergaul dengan orang yang terlalu banyak mengritik, lambat laun kepercayaan dirimu akan tergerus. Saatnya mencari teman baru.

Mencapai titik percaya diri yang tepat merupakan tantangan tersendiri. Memilikinya terlalu banyak bisa membuatmu arogan sehingga gagal mengantisipasi risiko, tapi terlalu sedikit bisa membuatmu takut mengambil risiko sehingga kehilangan kesempatan emas.

Rasa percaya diri sama pentingnya dengan kemampuan, jadi jangan anggap remeh bila kamu punya masalah terhadap kepercayaan diri. Terapkan kebiasaan di atas, selesaikan tugas dengan baik, dan tumbuhkan kembali rasa percaya dirimu! [yy/okezone]