fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


30 Sya'ban 1442  |  Senin 12 April 2021

Menjadi Diri Sendiri di Tempat Kerja Bisa Menghambat Karir

Menjadi Diri Sendiri di Tempat Kerja Bisa Menghambat KarirFiqhislam.com - Kejujuran merupakan tindakan paling tepat yang perlu dilakukan. Namun, untuk menjadi diri sendiri di tempat kerja, ternyata bukanlah ide yang baik. Mengapa?

Dikutip dari Telegraph, sebuah studi mengklaim bahwa kejujuran sering dianggap sebagai kebijakan yang terbaik, namun itu hanya dalam situasi sosial saja. Sedangkan untuk menjadi diri sendiri di kantor, bukanlah ide yang baik karena hal ini bisa menghambat perkembangan karir Anda.

Para peneliti di University of Greenwich, London, menemukan fakta jika seseorang menunjukkan karakter yang sebenarnya kepada pasangan atau teman, cenderung membuat orang tersebut lebih bahagia. Namun di sisi lain, para ahli mengklaim bahwa jika Anda melakukan itu di tempat kerja, maka kemajuan karir Anda akan melambat.

Para ilmuwan juga menilai tingkat 'ekspresi diri yang otentik' pada 533 partisipan yang terlibat untuk melihat seberapa jauh mereka terbuka pada orang lain dalam interaksi sosial.

Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa para peserta lebih cenderung untuk 'menjadi diri mereka sendiri' dihadapan pasangan, teman-teman dan orang tua. Namun, mereka memiliki kemungkinan yang jauh lebih kecil untuk menunjukkan kemampuan mereka yang sebenarnya dihadapan rekan kerja.

Mereka yang terbuka pada pasangan memang cenderung memiliki kebahagiaan dan kepuasan hidup. Tapi sayangnya, hal ini tidak terjadi di tempat kerja.

Seorang pemimpin studi, Dr Oliver Robinson mengatakan, "Anda tentu sering mendengar orang mengatakan bahwa rahasia kebahagiaan adalah dengan 'menjadi diri sendiri' atau 'mengungkapkan perasaan Anda yang sebenarnya', tetapi tampaknya itu tidak berlaku di tempat kerja."

"Dalam beberapa kondisi, mungkin lebih baik untuk diam saja ketimbang mengatakan apa yang sebenarnya Anda pikirkan dan rasakan saat bekerja dengan rekan Anda," tambahnya.

Hasil penelitian ini memang menunjukkan bahwa lebih baik Anda tidak membuka siapa diri Anda sebenarnya di kantor. Akan tetapi, hal itu dimaksudkan agar rekan kerja atau atasan di tempat kerja Anda tidak berasumsi yang aneh-aneh tentang Anda.

wolipop.detik.com