16 Dzulhijjah 1442  |  Senin 26 Juli 2021

basmalah.png

Mau Kerja Online, Coba Pilih 6 Profesi Ini

Mau Kerja Online, Coba Pilih 6 Profesi IniFiqhislam.com - Dunia teknologi yang semakin berkembang pesat membuat banyak kemajuan di berbagai bidang. Salah satu tanda dari kemajuan teknologi tersebut adalah internet yang kini semakin banyak dimanfaatkan oleh orang. Hal ini pun akhirnya berimbas pada banyaknya lapangan pekerjaan baru yang muncul.

Bekerja lewat internet memang menawarkan berbagai kemudahannya tersendiri. Selain bisa dilakukan dari mana saja, bekerja via online juga memungkinkan Anda untuk mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus.

Melansir laman Entrepreneur.com, berikut 6 pekerjaan yang bisa Anda kerjakan via online:

1. Asisten virtual

Satu pekerjaan yang bisa Anda lakukan via online adalah menjadi seorang asisten virtual. Pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan sesuai dengan tugas yang diberikan.

Pekerjaan yang bisa Anda lakukan antara lain membantu mengatur pertemuan, menjawab telpon hingga membalas email.

2. Penasehat bisnis

Jika Anda memiliki kemampuan di bidang bisnis, maka Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membantu orang lain menjalankan bisnisnya. Profesi ini sering disebut dengan nama penasehat bisnis.

Selain sebagai lapangan pekerjaan, Anda juga dapat meningkatkan kemampuan Anda apabila bekerja di bidang ini.

3. Pembuat konten online

Banyaknya website, media sosial hingga akun di internet membuat kebutuhan konten di dunia online semakin bertambah. Hal ini membuka kesempatan kerja baru bagi mereka yang senang untuk membuat konten di dunia digital. Format konten yang dapat dibuat bermacam-macam. Mulai dari konten video, tulisan hingga desain kreatif.

4. Konsultan

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda di bidang masing-masing. Seringkali, kemampuan yang berbeda ini bisa dimanfaatkan untuk membantu orang lain di jasa konsultansi. Para konsultan ini umumnya menawarkan jasa konsultasi dalam bidang marketing, kesehatan, internet dan lain sebagainya.

Satu hal yang menarik dari bekerja di bidang ini adalah pekerjaan yang bisa dilakukan dari mana saja. Sehingga dalam penerapannya Anda bisa menggunakan bantuan teknologi seperti internet.

5. Influencer media sosial

Media sosial merupakan satu hal yang kini banyak digandrungi oleh masyarakat. Media sosial pun akhirnya banyak dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempromosikan produknya. Untuk melakukan hal ini biasanya mereka membutuhkan bantuan dari seorang influencer.

Influencer adalah mereka yang memiliki masa yang banyak di media sosial. Keberadaan mereka biasanya dimanfaatkan untuk mempromosikan satu produk tertentu.

6. Vlogger

Membuat Vlog atau video blog kini banyak dilakukan oleh remaja dan anak muda di Indonesia. Tak jarang, konten video ini pun mendapat sambutan hangat dari pemakai internet.

Video yang mendapat perhatian besar pun seringkali memberikan efek yang positif bagi pembuat kontennya. Beberapa pembuat vlog bisa meraup untung yang besar hanya dari mengunggah video yang dibuat. [yy/liputan6]