fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


10 Ramadhan 1442  |  Kamis 22 April 2021

Tips Agar Wanita Percaya Diri Saat Minta Naik Gaji

Tips Agar Wanita Percaya Diri Saat Minta Naik GajiFiqhislam.com - Pakar karier mengungkap jika ketimpangan penghasilan antara pria dan wanita masih terjadi di industri kerja. Salah satu alasannya adalah wanita kurang percaya diri dalam meminta kenaikan gaji. Dilansir Dailymail, wanita empat kali lebih jarang mengajukan peningkatan dan negosiasi pendapatan. Jika Anda tengah merencanakan hal serupa, career strategist Megan Dalla-Camina memberikan lima tipsnya berikut ini agar Anda lebih percaya diri:

1. Lakukan Riset
Sebelum percaya diri minta gaji, pastikan jika Anda melakukan riset terlebih dahulu. Ketahui kisaran penghasilan pekerja lain yang jabatan dan masa kerjanya sama dengan Anda. Kemudian sesuaikan kenaikan penghasilan Anda dengan mereka. Megan menyarankan agar Anda mencari tahu di internet dan bertanya pada kolega di dalam atau luar kantor. Jangan lupa ketahui pula kisaran penghasilan pekerja pria.

2. Kumpulkan Portfolio
Agar permintaan dikabulkan, pastikan jika atasan mengerti betul bahwa Anda pantas naik gaji. Untuk itu, kumpulkan semua bukti-bukti yang menunjukkan bahwa Anda pegawai yang potensial. Siapkan daftar prestasi kerja, mulai dari pujian dari rekan, ulasan performa yang baik, hingga informasi industri.

3. Pilih Waktu yang Tepat
Sebaiknya pilih waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji pada atasan. Biasanya pekerja sudah punya jadwal rutin yakni sebelum penghasilan dan kompensasi tambahan ditentukan. Bisa juga setelah ulasan performa dilakukan. Hal tersebut bukan berarti Anda tak bisa meminta di luar waktu tersebut namun perlu juga mengetahui budaya perusahaan.

4. Pertemuan Formal
Jangan hanya menginformasikan hal ini secara kasual dengan hanya mengobrol santai saja. Persiapkan pertemuan formal di ruangannya atau ruangan meeting. Hal tersebut membuat permintaan bisa ditanggapi lebih serius. Sebelumnya, Anda bisa menginformasikan pertemuan tersebut dengan email.

5. Ketahui Nilai Diri
Jangan lupa untuk menyesuaikan kenaikan gaji dengan kemampuan dan potensi Anda. Jangan sampai hal tersebut tidak dikabulkan karena Anda meminta harga terlalu mahal. Namun hindari pula mengajukan terlalu rendah karena akan merugikan diri sendiri.

yy/wolipop

 

Tags: gaji | karir | kantor | sukses | berhasil | gagal