fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


4 Syawal 1442  |  Minggu 16 Mei 2021

4 Skill Penunjang Karier

4 Skill Penunjang KarierFiqhislam.com - Bagi beberapa orang, semester ini adalah semester terakhir mereka di kampus. Setelah sidang skripsi dilalui dengan lancar, pertanyaan selanjutnya adalah, "Apa yang akan kita lakukan sekarang?'

Jawaban atas pertanyaan tersebut bisa jadi beragam, ada lulusan perguruan tinggi yang akan mencari kerja, ada juga yang akan melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Apa pun jawaban kita, perjalanan yang akan kita tempuh tidak akan lebih mudah dari yang sudah dijalani sebelumnya.

Studi lanjutan berarti kita harus kembali berkutat dengan pilihan jurusan dan kampus baru. Kemudian, kita harus kembali bersiap menghadapi perkuliahan dengan tingkat kesulitan yang sudah pasti lebih kompleks.

Urusan mencari kerja juga cukup pelik. Pasalnya, banyak kemampuan yang dicari perusahaan yang tidak selalu kita dapatkan di kampus. College Cures, Minggu (26/8/2012) melansir daftar beberapa skill yang perlu dikembangkan selama di kampus untuk memudahkan kita mendapatkan pekerjaan.


{AF}

1. Social media

Bisa jadi kita tidak menggandrungi social media seperti Facebook dan Twitter. Tetapi, tidak ada salahnya mengetahui dan mengenal dasar-dasar pengoperasian untuk tiap akun social media yang sedang in saat ini.  

2. Menulis

Masih banyak lulusan perguruan tinggi tidak memiliki kemampuan menulis yang baik, terutama dalam hal gramatika. Jangan sampai kita membuat kesalahan memalukan dengan menulis surat lamaran kerja penuh kesalahan gramatika atau sekadar salah ketik. Mulai sekarang, berlatihlah menulis dengan baik meski sekadar menuangkan isi pikiran. Bahkan, kita bisa melakukan aktivitas menulis ini dengan perangkat telefon genggam.

3. Memecahkan masalah

Banyak masalah yang bisa kita cari solusinya dengan melakukan sedikit riset secara online. Sebelum bertanya tentang suatu hal, cobalah luangkan waktu untuk menjelajahi mesin pencari di internet dan temukan jawaban atas pertanyaan tersebut sendiri.

4. Observasi

Jika kita meluangkan waktu sejenak untuk memperhatikan lingkungan sekitar, maka kita akan melihat betapa banyaknya yang bisa kita pelajari dalam waktu singkat. Ketika kita mengobservasi lingkungan sekeliling, kita akan dengan mudah menemukan banyak hal yang perlu diperbaiki. Kemudian, tingkatkan kemampuan observasi ini dengan mencoba mencari cara mengatasi masalah tersebut. [okezone]
{/AF}