fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


29 Ramadhan 1442  |  Selasa 11 Mei 2021

Cara Memilih Pekerjaan Sesuai Kepribadian

Fiqhislam.com - Keberhasilan kerja memang dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah, apakah bidang pekerjaan yang Anda geluti itu cocok dengan kepribadian Anda atau tidak.
 

Cara Memilih Pekerjaan Sesuai Kepribadian
Ilustrasi Seorang Butuh Pekerjaan


Bekerja akan menjadi lebih menyenangkan jika Anda merasa senang melakukannya, dan sesuai dengan keinginan serta kepribadian Anda. Pekerjaan akan terasa ringan dan mudah, hasilnya pun akan lebih maksimal.

Karena itu, dalam mencari pekerjaan, sebelumnya Anda harus tahu bagaimana kepribadian Anda dan apa yang Anda sukai. Agar Anda bisa bertahan lama pada bidang pekerjaan yang sudah Anda geluti.

Namun menurut Niket T Pratisi SPsi MSi, jika pekerjaan Anda tidak cocok dengan kepribadian Anda, Anda tak perlu khawatir. "Jika Anda sudah berusaha untuk beradaptasi dan mencari sisi lain dari pekerjaan Anda, Namun tidak berhasil, maka jalan terakhir adalah memilih resign dan menemukan pekerjaan lain yang dapat memberi kepuasaan bekerja bagi diri Anda." Kata Niken

BERDASARKAN KEPRIBADIAN    
Berdasarkan teori John Holland, seperti dijelaskan dalam situs Carrer Key, Umumnya manusia dibedakan dalam enam tipe kepribadian, yaitu Realistic, Investigative, Artistic, Sosial, Enterprising dan Conventional. Berikut ini penjelasannya :

1. Tipe Realistik
Digambarkan sebagai orang yang memiliki skill bekerja dengan mesin, alat atau binatang. Umumnya menghindari akivitas sosial seperti mengajar, penyembuhan dan penyuluhan. Orang dengan tipe kepribadian seperti ini biasanya melihat diri mereka sebagai pribadi yang praktis, mekanis dan realistis, contohnya pekerjaan dalam lingkup ini adalah enginner, pilot atau petugas polisi.

2. Tipe Investigative
Diuraikan sebagai orang yang gemar dan pandai memecahkan masalah. Mereka biasanya menghindari pekerjaan yang sifatnya memimpin, menjual atau mempersuasi ( mempengaruhi ) orang lain. Tipe ini melihat diri sendiri sebagai seorang yang presisi, scientific, dan intelektual. Menurut psikolog yang juga menjadi dosen pascasarjana di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ini, jika Anda adalah orang yang mempunyai kemampuan analisa dan rasa ingin tahu tingi, berarti Anda termasuk dalam kategori ini. Contoh pekerjaan yang cocok adalah Ahli Kimia, dokter gigi, Physician dan ahli matematik.

3. Tipe Artistik

Suka melakukan aktivitas seni, drama, keterampilan tangan, menulis sastra. Umumnya, tipe ini menghindari aktivitas yang rutin serta berulang. Tipe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang ekspresif, orisinal dan independen. Contohnya desainer pakaian, penari, komposer, editor buku dan graphic designer.

4. Tipe Sosial

Suka menolong sesama serta pandai melakukan kegiatan seperti mengajar, konseling, merawat atau memberi informasi. Menurut Psikolog yang juga menjadi konsultan industri lepas ini, orang - orang yang mempunyai empati dan jiwa sosial tinggi yang masuk dalam kategori ini. Tipe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang suka menolong, bersahabat dan bisa dipercaya. Contohnya guru, psikolog, konselor, perawat dan pekerja sosial.


5. Tipe Enterprising

Suka memimpin, memengaruhi orang lain, dan menjual gagasan. Umumnya menghindari aktivitas yang membutuhkan observasi mendalam dan pemikiran analitis. Tipe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang enerjik, ambisius dan bisa bersosialisasi. Contohnya, sales, agen real estate, pengacara, hakim dan manajer hotel.

6. Tipe Conventional

Suka bekerja dengan angka - angka, berkas - berkas, dan segala yang serba teratur. Menghindari aktivitas yang tidak terstruktur dan "tidak jelas". Tipe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang teratur dan mengikuti sistem yang sudah baku. Contohnya skretaris, teller bank.

SESUAI KONDISI

Selain sesuai dengan kepribadian, untuk lebih mudah mengategorikan diri sendiri, Anda bisa menyesuaikan kondisi seperti apa yang Anda sukai dengan pekerjaan yang akan cocok dengan Anda. Simak kategori - kategori berikut ini :

1. Mudah Bosan
Jika Anda seorang yang berjiwa bebas, suka petualangan, suka bertemu hal - hal dan orang - orang baru, dan mudah bosan, maka Anda harus bekerja di lingkungan yang bebas, yang tidak menetapkan jam kerja yang teratur dan rutin. Meski di luar kantor tanpa ada jam kerja yang tetap, pukul 8-5, bukan berarti Anda bisa bekerja seenaknya. Anda bebas menentukan jam kerja sendiri, namun harus bertanggung jawab atas hasil pekerjaanb Anda.

Dan Jika pekerjaan itu berhubungan dengan orang lain, Anda juga harus dapat memperhatikan kepentingan mereka, sehingga kerja sama bisa berjalan dengan baik. Jenis pekerjaan yang cocok untuk pribadi bebas seperti ini diantaranya, pengarah gaya, koreografer, penata rambut, desain interior, desain grafis, chef, pengrajin, penerbit, pemusik, aktris dan wiraswasta.

2. Menyukai Kerutinan
Anda yang bersifat tradisionalis, sebaliknya, menyukai pekerjaan rutin dan serba teratur. Pekerjaan yang detail dan sesuai dengan jadwal, berorientasi pada tugas, lurus sesuai aturan akan membuat Anda merasa nyaman. Karenanya, Anda sangat cocok bekerja di bidang manajemen. Kekuatan Anda terletak pada ketelatenan dalam mengerjakan semua detail hingga selesai, sesuai prosedur.

3. Suasana Menyenangkan
Seorang idealis, lebih mementingkan suasana kerja yang kondusif dan menyenangkan ketimbang hanya mengejar materi semata. Biasanya Anda tertarik pada pekerjaan yang memungkinkan Anda berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Kekuatan Anda adalah mampu mengajak orang lain bekerja sama. Anda yang idealis, cocok bekerja di lingkungan kerja yang harmonis. Pekerjaan ideal Anda adalah guru, konselor, psikolog, ahli gizi, terapis dan pekerja sosial.

4. Seorang Konseptor
Jika Anda seorang konseptor, penemu ide - ide, kreatif, Anda tidak akan cocok bekerja di lingkungan kerja yang statis. Sebaliknya, Anda lebih suka bekerja secara independen. Anda butuh tempat khusus agar bisa fokus mewujudkan ide - ide besar Anda.

Lingkungan kerja ideal bagi Anda adalah sebuah think tank di mana Anda bisa melontarkan ide - ide Arsitek, Profesor, Manajer Proyek Konstruksi, Politikus, Perencana Tata Kota, Merupakan beberapa alternatif pekerjaan yang cocok bagi para konseptor.

[yy/viva/hanyatauaja.blogspot]