fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Ramadhan 1442  |  Selasa 13 April 2021

5 Pertimbangan Penting Sebelum Terjun Berbisnis

5 Pertimbangan Penting Sebelum Terjun BerbisnisFiqhislam.com - Menjadi seorang pengusaha memang keinginan dari setiap orang, karena dengan menjadi pengusaha maka jika kita membicarakan mengenai segi pekerjaan dan penghasilan yang di dapatkan tentunya akan berbeda dibandingkan kebanyakan pada umumnya. Banyak saran dan masukan tentang bagaimana menjadi pengusaha yang baik, seperti mengikuti hasrat dan keinginan Anda, dan melakukan hal-hal besar lainnya.

Memang pada kenyataannya hal seperti itu memang mudah untuk diucapkan namun sulit untuk dilaksanakan, karena ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Salah satu halnya, sebagian besar dari kita merupakan pekerja. Itu menjadi tidak mudah jika kita secara tiba-tiba meninggalkan karier sekarang sebagai pekerja dan melupakan begitu saja perjuangan yang telah dilalui selama ini.

Meski demikian yang terjadi tetapi sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengejar dan menggapai impian sebagai pengusaha. Namun sebelum Anda mengambil keputusan besar dalam kehidupan Anda untuk menjadi pengusaha, maka pertimbangkan lima hal berikut ini.

Bercermin dan Berpikir  
Apa yang Anda lihat? Jika Anda melihat di dalam cermin itu seseorang yang berani mengambil jalan perlawanan dalam kehidupan yang dijalani. Hal seperti itu bisa menjadi motivasi yang cukup bagus bagi Anda untuk menjalani hidup. Di sisi lain, jika Anda menemukan seseorang yang ingin melakukan sesuatu karena terpengaruh oleh orang lain, mungkin hal tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Anda harus benar-benar mencari tahu apa motivasi dan keahlian yang Anda miliki sebenarnya. Apa tujuan dan prioritas Anda? apa yang hendak Anda buktikan dan ditujukan kepada siapa?

Jangan Mencoba Hal yang Anda Tidak Bisa   
Anda tidak diharuskan untuk berubah seutuhnya dalam menjadi seorang pengusaha yang sebenarnya. Pada dasarnya orang dapat berubah dalam kondisi yang spesifik, namun juga jangan melakukan perubahan di luar kebiasaan Anda selama ini, demikian pula dalam menjalani hidup sebagai pengusaha. Lakukan sesuatu yang Anda sukai, jangan hanya mengikuti arus tren karena pada dasarnya itu tidaklah menjadi minat Anda yang sesungguhnya.

Mencari Sebuah Masalah, Bukanlah Solusi
Sebagian besar dari pengusaha adalah orang-orang yang menginginkan selalu melakukan hal baru dan berbeda di setiap pekerjaan yang dijalaninya. Selain itu, mereka selalu mengharapkan hal yang terhebat terjadi pada bisnis mereka, seperti punya banyak pelanggan dan keuntungan yang besar. Namun, sebagai saran, jangan mencoba untuk terlalu memikirkan sesuatu yang hebat. Awalnya yang Anda harus lakukan ialah mencoba mencari masalah yang Anda pikir perlu untuk dipecahkan dan melakukan itu semua.

Contohnya, CEO Facebook, Mark Zuckenberg awalnya tidak berusaha untuk menciptakan sebuah perusahaan raksasa ketika menciptakan Facebook. Dia hanya berpikir hal tersebut akan menjadi menarik apabila semua orang menggunakan penemuannya itu. Hasilnya, sekarang Facebook menjadi sebuah perusahaan raksasa dunia. Inti dari poin ini adalah fokuslah pada bagaimana Anda menciptakan sebuah usaha yang berjalan secara simultan, bukan sebuah usaha besar tapi tidak memiliki rencana untuk membesarkannya.

Ikuti Arah Keuangan Anda
Bagaimana keadaan keuangan Anda, apakah Anda memiliki sebuah investasi, tabungan atau bahkan malah sebaliknya, boros? Sebab, yang namanya usaha jelas membutuhkan modal, terutama uang. Pastikan keuangan Anda cukup untuk memulai usaha, meskipun terkadang usaha Anda tidak memerlukan modal uang yang besar, tapi Anda perlu memenuhi kebutuhan di masa awal usaha berjalan. Jangan mengambil risiko dengan tidak menyiapkan uang karena yakin usaha akan mendapat untung besar di bulan pertama. Ingat, masa awal berjalannya usaha adalah fase kritis dalam menentukan apakah usaha akan berjalan terus atau tidak. Karena itu, kami sarankan, pastikan uang Anda cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga 6 bulan setelah usaha mulai berjalan.

Cari dan Buat Tim yang Hebat
Jika Anda yakin berbisnis sendiri akan lebih nyaman, Anda salah besar! Dalam berbisnis, Anda tetap memerlukan orang lain. Percaya atau tidak, ada kekuatan luar biasa dalam sebuah kelompok yang tidak Anda sadari sebelumnya.

Contohnya, seorang Bill Gates yang merupakan orang terkaya nomor satu di dunia memiliki Paul Allen sebagai rekannya dalam membangun Microsoft. Selain itu, ada juga kolaborasi Larry Page dan Sergey Brin yang sukses membangun perusahaan ternama, Google. Meskipun begitu, pilihlah rekan yang tepat, hal yang sama berlaku untuk menjalin kemitraan untuk saling melengkapi. Carilah dan bentuk tim yang solid dan hebat untuk memajukan dan menjadi bagian dari pembuatan usaha Anda. [yy/republika]

 

Tags: usaha | bisnis | sukses