fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Ramadhan 1442  |  Selasa 13 April 2021

10 Tanda Anda Layak Bertahan di Tempat Kerja

10 Tanda Anda Layak Bertahan di Tempat KerjaFiqhislam.com - Sebelum memutuskan mencari pekerjaan yang baru, akan lebih baik jika Anda melihat sisi positif pekerjaan yang saat ini sedang dijalankan.

Anda juga harus memikirkan alasan mengapa mau pindah kerja. Sebab pada dasarnya, ada beberapa tanda yang dapat membuat Anda layak dan harus tetap bertahan di kantor tersebut. Kira-kira apa saja? Sebaiknya simak di sini, seperti dikutip dari Savvy Sugar.

1. Si Bos Ingin Memanfaatkan Potensi Anda Sepenuhnya

Jika atasan di kantor menunjukkan bahwa ia menghargai Anda secara pribadi dan bukan hanya sebagai karyawannya saja, itu pertanda bahwa si bos peduli dengan Anda secara keseluruhan dan kesejahteraan di tempat kerja.

Ia juga tidak melihat kinerja Anda saja. Bos seperti ini seringkali lebih terbuka terhadap hal-hal yang dapat membuat Anda lebih nyaman saat bekerja. Misalnya, membiarkan Anda bekerja sesuai dengan cara sendiri sehingga kondisi pekerjaan yang dilakukan akan lebih baik.

2. Atasan Mendengarkan Saran Anda

Bos yang dapat mendengarkan saran dari Anda, merupakan sosok atasan yang dapat membuat Anda berkomunikasi dengannya secara jujur. Misalnya, jika Anda lebih memilih untuk melanjutkan pekerjaan di rumah agar tidak lembur di kantor, si bos akan membiarkan Anda untuk mencobanya.

3. Anda Memiliki Tanggung Jawab Penting di Kantor

Jika Anda memiliki tanggung jawab penting di tempat kerja, ini menandakan bahwa si bos mempercayai Anda dan menjadi orang yang dapat dipercaya. Tentu saja ini menunjukkan bahwa Anda merupakan karyawan yang dihargai.

4. Memiliki Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja

Tak sedikit orang memiliki masalah dengan rekan kerja di kantor. Namun jika hubungan Anda dan kolega berjalan dengan baik, maka ini patut untuk dijadikan alasan Anda harus bertahan di kantor tersebut. Sebab, membina hubungan yang baik dengan rekan kerja bukanlah sesuatu yang mudah. Belum tentu di kantor yang baru nantinya, hubungan dengan kolega berjalan semulus sekarang ini.

5. Dapat Bertanya Sesuka Hati dengan Bos dan Rekan Kerja

Jika pertanyaan Anda mengenai pekerjaan selalu ditanggapi oleh si bos atau rekan kerja senior di kantor, itu menandakan bahwa Anda dihormati, dihargai, dan dipercaya.

6. Atasan Mengenali Bakat Anda yang Tidak Berkaitan dengan Pekerjaan

Apabila Anda bekerja sebagai seorang internal auditor di kantor, lalu si bos mengetahui bahwa Anda pandai berkomunikasi dengan orang banyak, dan memberikan pekerjaan yang berkaitan dengan bertemu orang banyak, itu menandakan bahwa atasan peduli dan memahami kekuatan Anda.

7. Si Bos Tidak Mengatur Waktu Kerja Anda

Atasan yang tidak mengatur waktu kerja Anda, merupakan sosok bos yang menghormati keputusan yang Anda pilih. Misalnya, jika memilih untuk pulang setengah jam sebelum jam kantor selesai karena sudah tidak ada tugas yang perlu dikerjakan lagi, lalu bos merasa tidak masalah dan mengizinkan Anda pulang, itu menandakan bahwa ia menghargai waktu dan kinerja Anda.

8. Atasan Tidak Pernah Menguntit Anda
Saat ini, sudah banyak atasan di kantor yang menguntit karyawannya lewat media sosial, seperti Twitter dan Facebook. Hal tersebut semata-mata ingin mengetahui apa saja yang dilakukan karyawannya saat bukan jam kerja, atau saat Anda tidak masuk kantor.

Namun jika si bos tidak pernah menguntit Anda, itu menunjukkan bahwa ia menghargai Anda secara pribadi. Ia juga tidak masalah, apabila Anda izin kantor karena mendapatkan panggilan interview di tempat kerja lain. Sebab bagaimanapun juga Anda berhak mendapatkan yang lebih baik.

9. Bos Mempercayai Anda Untuk Membuat Keputusan

Sewaktu meeting untuk menyelesaikan masalah kantor, lalu Anda diminta untuk membuat keputusan, itu menandakan bahwa Anda dipercaya oleh si bos bahwa Anda bisa memberikan keputusan yang baik.

10. Atasan Bersedia Melatih Anda Melakukan Hal-hal yang Baru

Tak selamanya Anda bekerja di perusahaan dengan posisi yang sama dan bekerja hanya itu-itu saja. Jika Anda diberikan kesempatan oleh bos untuk melakukan hal-hal yang baru dan ia bersedia untuk mengajarkan Anda, hal tersebut menunjukkan bahwa Anda berhak, siap, dan pantas untuk bisa lebih maju dan berkembang di kantor. [yy/wolipop/foto ciricara.com]