pustaka.png
basmalah.png.orig


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

Kembalikan Semangat Sebelum Memutuskan "Resign"

Kembalikan Semangat Sebelum Memutuskan "Resign"Fiqhislam.com - Sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda saat ini, Anda bisa melakukan hal-hal yang bisa mengembalikan semangat yang hilang.

1. Lebih proaktif.
Benarkah kondisi saat ini sudah yang paling optimal? Mungkinkah Anda menemukan prosedur kerja yang lebih efektif? Mungkinkah Anda menemukan solusi praktis atas kendala yang ada di perusahaan? Bisakah Anda lebih proaktif menemukan inovasi sistem, produk, jasa baru yang akan meningkatkan profit perusahaan dan meningkatkan antusiasme? Coba telusuri lagi hal-hal yang selama ini "biasa-biasa saja" agar menjadi "lebih luar biasa". Dimulai dari inisiatif, kemudian dikonsultasikan, dikomunikasikan, dikoordinasikan, ke pihak terkait dan berotoritas di perusahaan.

2. Mencoba tantangan baru.
Bila Anda merasa sudah menguasai banyak bidang dari pekerjaan sekarang, maka sudah waktunya mengajukan permintaan pada atasan agar Anda bisa memperlihatkan peran yang lebih luas. Minta hal-hal lain yang bisa dilakukan, sesuai tanggung jawab, untuk membantu keberhasilan perusahaan. Anda juga bisa mengajukan pergantian peran kerja dalam jangka panjang atau bahkan menetap, agar kompetensi Anda menjadi lebih jelas terlihat dan lebih menjawab tuntutan perubahan yang ada di perusahaan. Bersedialah untuk menerima suatu jenis pekerjaan yang berbeda dari rutinitas.

3. Jangan dulu pindah kantor jika perusahaan mampu:
* Menyediakan lahan informasi, kesempatan belajar, menciptakan keseimbangan hidup bagi karyawannya.
* Menawarkan kepercayaan, menyediakan rasa aman bagi karyawan untuk bertindak berdasarkan inisiatifnya.
* Menyediakan kesempatan untuk mengembangkan diri, jenis pekerjaan sesuai dengan passion, monitoring adil dan bijaksana, upah sesuai, dan jaminan keamanaan yang baik.

Silakan Anda pertimbangkan alternatif pindah, bila aspek di atas, maupun hal bermakna lainnya, tidak lagi Anda dapatkan di perusahaan saat ini, sehingga Anda perlu mencari yang lebih tepat. [yy/kompas]

*Majalah Chic/Sumber:Donna Turner, Praktisi Sumber Daya Manusia Experd