pustaka.png
basmalah.png.orig


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

Jurus Hadapi Rekan Kerja Suka "Cari Muka"

Jurus Hadapi Rekan Kerja Suka "Cari Muka"Fiqhislam.com - Dunia kerja memang seringkali dipenuhi dengan intrik. Tak sedikit juga orang yang rela melakukan apa saja demi sesuatu yang diinginkannya.

Meski dapat memilih teman, seringkali Anda tak dapat memilih siapa yang menjadi rekan kerja Anda. Perbedaan karakter yang hadir dalam dunia profesional pun tak jarang membuahkan rasa saling tidak suka satu sama lain.

Salah satu karakter yang paling tak disukai ialah pribadi yang gemar “cari muka”. Individu seperti ini hanya ingin berbaik hati pada orang yang dianggapnya penting dan dapat memberikan keuntungan padanya. Tak hanya itu, mereka juga biasanya gemar mencuri ide Anda, dan menunjukkan pada atasan bila hal itu seolah-olah ide yang datang dirinya.

Untuk menghadapinya, Anda perlu menenangkan diri sebelum mendekatinya secara personal. Katakan, “Anda mungkin tak sengaja, tapi Anda sudah mencuri ide saya.” Bila dia sadar, maka dia akan meminta maaf pada Anda. Akan tetapi, jika dia tetap menyangkalnya, Anda tak perlu berisikeras membuatnya mengaku. Anda hanya perlu mengatakan, “Sepertinya saya tidak setuju dengan hal ini,” kemudian segeralah beralih darinya.

Seperti dikutip Cosmopolitan, hal ini memang tak akan langsung membuatnya tersadar, namun efek ini dapat bertahan setidaknya beberapa hari. Poin pentingnya ialah Anda menunjukkan sikap tidak setuju kepadanya. [yy/okezone/foto kominfo.go.id]