fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Ramadhan 1442  |  Selasa 13 April 2021

Review Realme 8 Series, Smartphone Stylish

  • Rabu, 07 April 2021

Review Realme 8 Series, Smartphone Stylish

Fiqhislam.com - Maret 2021 merupakan bulan yang sangat seru bagi para penggemar smartphone. Karena di bulan ini berbagai merek ponsel meluncurkan produk dari kelas mid-range secara resmi di Indonesia, tentunya dengan teknologi yang inovatif.

Hari ini, realme Indonesia secara resmi memperkenalkan realme 8 Series ke Indonesia. realme 8 series mempunyai 2 model ponsel, yakni realme 8 dan realme 8 Pro, dan keduanya memiliki kemampuan kamera sangat mumpuni. Lantas, bagaimana performa dari kedua smartphone ini secara keseluruhan?..

Untuk itu mari kita membahas salah satu smartphone dari realme 8 series ini, yakni realme 8. Unit kini memang berbeda dengan realme 8 Pro, di mana kamera pada ponsel tersebut memiliki lensa utama 64 MP, berbeda dengan versi Pro-nya yang persenjatai kamera 108MP. Namun secara keseluruhan, ada berbagai fitur yang dapat ditawarkan oleh realme 8 kepada masyarakat, terutama bagi anak muda yang mencari smartphone dengan budget mid-range berspesifikasi flagship.

Desain

Desain dari realme 8 dapat dikatakan sebagai salah satu desain yang paling menarik dari antara semua smartphone di tahun 2021 saat ini. Badan bagian belakang realme 8 Proterbuat dari polikarbonat dengan finishing glossy.

Masih di bagian belakang, terdapat tulisan “DARE TO LEAP” dengan ukuran besar membentang memenuhi seperempat sisi kanan dari smartphone ini. Tulisan terlihat besar dan memantulkan warna menarik saat terkena cahaya. Desain terlihat sangat eksentrik tapi tetap mengedepankan estetikanya. Namun jika berbicara soal desain, semua kembali kepada selera pengguna.

Pada bagian bawah terdapat lubang speaker serta mikrofon dan lubang charger Type-C. Pada bagian kanan terdapat slot Triple Sim yang mampu menampung dual sim-card serta satu memori eksternal yang dapat diperbesar hingga 256GB. Pada bagian kanan terdapat tombol power serta volume yang sangat nyaman untuk diraih.

Layar dari smartphone ini sudah menggunakan Super AMOLED sehingga finger-print sudah berada pada display. Layar dari smartphone ini berukuran 6.4-inci dengan screen-to-ratio hingga 90.8 dan kamera depan yang berbentuk punch hole sehingga layar menjadi terlihat luas.
Secara keseluruhan, smartphone memiliki desain yang nyaman dan sangat ergonomis. Tidak hanya itu, perangkat juga memiliki bodi yang ringan dan sangat tipis. Ketebalan dari smartphone ini adalah 7,99 mm dengan berat hanya 177 gram. Melihat baterai yang digunakan adalah 5000mAh, realme membuktikan mereka sangat serius membawa smartphone dengan desain berkualitas dan nyaman bagi para penggunanya.

Unit realme 8 sendiri akan hadir dalam dua warna, masing-masing Cyber Silver dan Cyber Black di mana keduanya memiliki ciri khas tersendiri. Hitam menggambarkan karakter elegan tapi futuristik, dan silver yang sangat futuristik dan berkilau.

Kamera

Kamera merupakan kekuatan dan sisi jual utama pada realme 8 series ini. Pada realme 8 sendiri, terdapat empat kamera belakang di mana lensa utamanya memiliki resolusi 64 MP serta kamera depan beresolusi 16 MP.

Pada kamera belakang, realme menaruh kamera resolusi 64MP yang merupakan lensa utama, lensa Ultra-Wide dengan resolusi 8MP, 2MP Macro Lens serta 2MP B&W Lens. Ke empat lensa pada smartphone ini bekerja dengan sangat baik. Namun, kekuatan kamera pada realme 8 terletak di fitur-fitur menarik yang telah diberikan oleh realme 8.

Pada realme 8 ini, realme memberikan fitur-fitur yang juga diberikan di realme 8 Pro. Sebut saja, New Super Nightscape yang membuat kemampuan foto malam pada smartphone ini menjadi cukup menarik. Foto malam pada realme memang merupakan salah satu fitur mengesankan, detail yang diberikan termasuk tajam dengan warna terlihat cukup natural.

Tidak hanya itu, realme 8 juga memiliki fitur Tilt-shift untuk menciptakan objek-objek gambar terlihat layaknya miniatur. Permainan efek pada fitur ini sangatlah menarik, menjadikan para pengguna memiliki ide untuk berkreasi untuk menciptakan foto-foto layaknya ditangkap dengan kamera berkualitas tinggi.

Salah satu fitur lainnya yang realme 8 miliki adalah Dynamic Bokeh yang membuat kamera fokus di objek foto sementara objek lain pada latar belakang seakan-akan bergerak. Hasil yang diberikan oleh Dynamic Bokeh ini sangat menarik karena biasanya, fitur seperti ini hanya bisa didapatkan di kamera-kamera khusus dengan harga jutaan rupiah. Pada mode portrait terdapat juga Neon Portrait yang membuat objek foto menjadi lebih menonjol. Efek bokeh pada fitur-fitur ini juga sudah dapat dikatakan cukup rapih.

Pada video, realme memberikan fitur terbaru bernama Dual-View Video, di mana pengguna dimungkinkan untuk mengambil video dari kamera depan dan belakang di saat bersamaan. Tentu saja fitur ini merupakan fitur yang menyenangkan dan secara tidak disadari sangat dibutuhkan untuk para anak muda yang ingin berkreasi atau ingin mengabadikan momen-momen penting.

Pada kamera depan, realme memberikan 16MP In-Display Selfie Camera yang dapat memenuhi kebutuhan foto selfie penggunanya. Dengan aperture f/2.45, hasil kamera depan pada realme 8 terbilang cukup natural dan memuaskan. Tidak lupa, realme juga memberikan mode bokeh, AI Beauty, dan lainnya untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Performa

Bicara performa, realme 8 memiliki performa yang tidak perlu diragukan. Smartphone ini disenjatai dengan chipset MediaTek Helio G95 yang memang dirancang untuk kebutuhan-kebutuhan berat seperti gaming dan sebagainya. Kemampuan gaming pada smartphone ini sangat memuaskan.

Saat bermain game-game dengan framerate tinggi, penurunan framerate sangat jarang terjadi dan permainan dapat dikatakan sangat stabil. Bagi para pengguna yang mengincar smartphone untuk kebutuhan gaming, realme 8 sudah dilengkapi Copper Liquid Cooling System sehingga smartphone tidak akan cepat mengalami panas saat diajak bermain game.

Untuk kebutuhan sehari-hari seperti sosial media atau multi-tasking, smartphone berhasil menjalankan tugasnya dengan memberikan performa yang sama baiknya. Dengan RAM 8GB dan ROM 128GB, smartphone ini tidak memiliki kendala untuk penggunaan-penggunaan normal.

realme 8 juga sudah menggunakan Android 11 dengan realme UI 2.0 yang menjadikan smartphone ini lebih cepat dan mulus, serta lebih aman untuk digunakan. Penggunaan realme UI 2.0 memungkinkan pengguna untuk menghemat daya lebih banyak. Tidak hanya itu, penggunaan UI terbaru dari realme ini juga memungkinkan pengguna untuk memiliki perlindungan privasi lebih baik.

Baterai

Baterai dari realme 8 sendiri merupakan salah satu nilai jual utama yang sangat patut untuk dipertimbangkan. realme 8 memiliki baterai hingga 5000mAh yang mampu bertahan hingga satu hari lebih untuk penggunaan normalnya.

Jika Anda menggunakan smartphone ini untuk bermain game, smartphone sanggup bertahan hingga satu hari. Dengan catatan permainan game tidak dilakukan secara intens.

Dibalik baterainya yang besar, realme juga berani untuk menaruh charger dengan watt yang cukup besar di smartphone tersebut dengan 30Watt Dart Charge. Pengisian daya ini sangat berguna untuk mengisi daya realme 8 hingga penuh hanya dalam waktu kurang lebih 60-70 menit.

Lainnya

Berbeda dengan realme 8 series di negara lain, realme 8 di Indonesia memiliki NFC yang sangat berguna untuk kebutuhan sehari-hari. realme telihat memahami pasar Indonesia dengan baik, sehingga menyematkan satu fitur yang terlihat cukup esensial untuk smartphone di tahun 2021 ini.

Kesimpulan

Realme 8 secara garis besar dapat dinobatkan sebagai salah satu smartphone trendi dan stylish yang ada di pasar mid-range smartphone saat ini. Dengan kisaran harga Rp3 jutaan, realme 8 dapat dikatakan mampu memenuhi semua kebutuhan anak muda yang ingin berkarya dengan smartphone-nya.

Kombinasi antara chipset mumpuni, kamera yang kaya fitur dan dilapisi dengan desain sangat berbeda menjadikan smartphone layak dilirik sebagai salah satu handphone terbaik di tahun 2021 ini. Jika Anda mencari smartphone untuk digunakan untuk jangka panjang, ponsel “Flagship-nya Anak Muda” ini sudah memberikan banyak hal dalam satu paket dan patut untuk dilirik oleh para calon pembelinya. [yy/sindonews]

 

 

Tags: Realme 8 | Realme