27 Dzulhijjah 1442  |  Jumat 06 Agustus 2021

basmalah.png

13 Terduga Teroris di Riau Berperan Lindungi Buronan Kelompok Jamaah Islamiyah

13 Terduga Teroris di Riau Berperan Lindungi Buronan Kelompok Jamaah Islamiyah

Fiqhislam.com - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengungkapkan bahwa 13 terduga teroris yang ditangkap di Riau berperan sebagai pihak yang melindungi buronan kelompok Jamaah Islamiyah (JI) dari kejaran Densus 88 Antiteror.

"Jadi 13 orang ini bertugas nyembunyiin DPO Densus 88 khususnya dari kelompok JI itu mengamankan diri di Riau," kata Rusdi dalam jumpa pers di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (15/6/2021).

Rusdi menyebut, ke-13 orang ini juga memiliki kaitannya dengan salah satu pimpinan JI tertua atau Amir, Para Wijayanto. Ia merupakan salah satu pimpinan yang tertangkap pada 29 Juni 2019 silam.

"Yang jelas, jaringan dari Sumatera yang kami ketahui bersama dari Lampung akhir 2020 Para Wijayanto Cs ada sangkut pautnya disana," ujar Rusdi.

Selain itu, kata Rusdi, ke-13 orang tersebut juga diketahui telah melakukan sejumlah pelatihan yang berkaitan dengan aksi terorisme.

"Kemudian daripada itu, kelompok ini juga telah melakukan kegiatan antara lain pealtihan daripada pengunaan senjata, baik latihan penggunaan senjata tajam, maupun penggunaan senjata api. Ini untuk kelompok yang di Riau," tutup Rusdi. [yy/okezone]