pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

Tekan Dampak PHK, Pemerintah Izinkan Warga Usia di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja

Tekan Dampak PHK, Pemerintah Izinkan Warga Usia di Bawah 45 Tahun Kembali Bekerja

Fiqhislam.com -Pemerintah mengizinkan warga berusia di bawah 45 tahun untuk dapat beraktivitas kembali di tengah pandemi Covid-19. Kelonggaran ini diterapkan untuk menekan potensi hilangnya mata pencarian akibat pemutusan hubungan kerja (PHK).

Ketua Gugus Tugas untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengatakan, kelompok tersebut secara fisik sehat, dan memiliki mobilitas tinggi. Jika terpapar, kelompok ini belum tentu sakit sehingga dikategorikan sebagai orang tanpa gejala (OTG).

"Kelompok ini tentunya kita berikan ruang untuk bisa beraktivitas lebih banyak lagi sehingga potensi terkapar karena PHK akan bisa kita kurangi," ujarnya usai mengikuti rapat terbatas (Ratas) terkait laporan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang digelar secara virtual, Senin (11/5/2020).

Pemerintah saat ini berupaya melindungi kelompok rentan usia lanjut yaitu 60 tahun. Angka kematian kelompok ini menjadi yang tertinggi mencapai 45 persen.

Kemudian, kelompok usia 46 sampai dengan 59 tahun, namun memiliki penyakit penyerta atau komorbit seperti hipertensi, diabetes, jantung, PPOK penyakit paru obstrasi kronis yang biasanya karena kebiasaan merokok. Di kelompok angka kematian mencapai 40 persen.

"Nah, kita mengingatkan kelompok rentan ini untuk selalu menjaga diri untuk mengurangi risiko. Kalau kita bisa melindungi saudara-saudara kita di kelompok rentan ini, berarti kita telah mampu melindungi warga negara kita 85 persen," katanya. [yy/iNews]

 

Tags: PHK | Tenaga Kerja