27 Rabiul-Akhir 1443  |  Kamis 02 Desember 2021

basmalah.png

Viral Bendera Merah Putih Terbalik di Kantor Balai Kota Palopo

Viral Bendera Merah Putih Terbalik di Kantor Balai Kota Palopo


Fiqhislam.com - Warga Kota Palopo, Sulawesi Selatan dihebohkan dengan peristiwa terbaliknya pemasangan bendera Merah Putih di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jalan Balai Kota, Kelurahan Amasangan, Kecamatan Wara, Selasa (7/8/2018).

Insiden tersebut bahkan viral di dunia maya dan menuai kecaman warga netizen. Selain dunia maya, kecaman juga muncul dari sejumlah anggota TNI yang bertugas di daerah tersebut.

Terbaliknya pemasangan bendera ini diduga dipicu kurangnya perhatian dari Pemkot Palopo yang tidak menyiapkan petugas khusus pemasang bendera di kantor lintas dinas tersebut. Bendera tersebut dipasang petugas claning service.

Pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palopo pun baru menyadari jika bendera Merah Putih tersebut terbalik setelah sejumlah warga yang melintas berhenti dan mengambil gambar untuk mengabadikan kejadian langka itu. Melihat kejadian tersebut sejumlah anggota Satpol PP langsung menurunkan bendera dan memasangnya kembali setelah posisinya diubah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palopo, Akmal Hasan mengatakan, kejadian tersebut merupakan murni kesalahan petugas cleaning service yang bertugas memasang dan menurunkan bendera Merah Putih setiap hari. “Ya, ini kejadiannya murni kesalahan petugas cleaning service. Yang bersangkutan sudah kami sanksi dengan menghormati bendera Merah Putih selama satu jam,” katanya.

Komandan Unit Kodim 1403 Sawerdigading, Letda Infanteri Rustam menyayangkan insiden terbaliknya pemasangan bendera Merah Putih. “Kami berharap kejadian seperti tidak terulang kembali, karena bendera Merah Putih merupakan lambang negara dan diraih dengan susah payah hingga mengorban jiwa dan raga,” tandasnya. [yy/inews]