22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Tangkap Dua Mahasiswi Indonesia, DPR Tuding Turki Salah Kaprah

Tangkap Dua Mahasiswi Indonesia, DPR Tuding Turki Salah Kaprah


Fiqhislam.com - Dua orang mahasiswi asal Indonesia ditahan otoritas Turki karena tinggal di dalam rumah yang dianggap berafiliasi dengan Fethullah Gulen, tokoh di balik percobaan kudeta terhadap Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua Komisi I DPR, Hanafi Rais menganggap bahwa Pemerintah Turki salah kaprah jika menganggap kedua mahasiswi tersebut sebagai ancaman. Pasalnya, kedua mahasiswi tersebut memilih tinggal di rumah tersebut karena minimnya biaya living cost yang mereka terima dari beasiswa.

"Beasiswa yang mereka dapatkan untuk living cost saja enggak begitu memadai dan untuk asrama harus patungan. Bagaimana mungkin ketidakberdayaan mereka ini dianggap sebagai ancaman nasional Turki?" protes Hanafi di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Hanafi menambahkan, pelajar dari Indonesia cenderung punya cara bersosialisasi terbuka, sehingga tidak bisa dianggap fanatik ketika mengikuti sebuah pengajian tertentu.

Atas kasus tersebut, lanjutnya, pihaknya sudah meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk memberikan pendampingan hukum dan pendekatan diplomatik.

"Dan pemerintah kita pastikan sekolah mereka enggak putus. Itu dua hal penting yang harus dilakukan," tegasnya. [yy/okezone]

 

Tags: turki | kudeta | gulen