22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Tes 1 Menit untuk Cek Kesehatan Anda

Tes 1 Menit untuk Cek Kesehatan AndaFiqhislam.com - Banyak ahli yang menyarankan Anda untuk sesering mungkin memeriksa kesehatan. Anjuran seperti ini diberikan supaya Anda mengetahui penyakit apa saja yang diderita dan bagaimana cara menanganinya.

Tapi, sekarang ini kesibukan kerap kali menjadikan alasan seseorang untuk tidak memeriksakan kesehatannya sendiri. Padahal, Anda dapat mengetahui seberapa sehat tubuh Anda dalam waktu hanya 1 menit.

Seperti yang dilansir rd.com, Rabu (5/12/12) bahwa hanya dengan waktu 1 menit, seseorang dapat mengetahui berapa sehatnya dengan cara berikut ini:

1. Menyisir

Ketika selesai menyisir, lihatlah sisir Anda. Apakah ada rambut yang tersangkut di sisir tersebut? Jika ia, berarti Anda mengalami gangguan tiroid. Kekurangan zinc, zat besi atau biotin yang semua ini menyebabkan rambut Anda rontok.

Jika Anda kehilangan hanya 100 rambut perhari masih bisa dikatakan normal. Tapi, apabila Anda kehilangan rambut lebih dari 200 helai segeralah ke dokter dan periksa kulit kepala Anda.

2. Periksa mata

Lihat apakah mata Anda memerah atau tidak. Jika terlihat merah, hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang berdekatan dengan permukaan mata menjadi membesar dan melebar.

Mata merah bisa disebabkan oleh banyak gejala. Seperti tidak tidur semalam suntuk atau terdapat benda kecil asing di dalam mata Anda.

Mata merah bisa menjadi pertanda alergi, pilek, flu, mata kering atau wabah herpes.

Atau, bisa saja Anda menderita infeksi mata merah atau disebut konjungtivitis, infeksi bakteri yang bisa menular.

Cara pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah dengan rajin tidur lebih teratur dan selalu kenakan kaca mata apabila berhubungan langsung dengan sinar matahari.

3. Tiup hidung Anda

Jika Anda dapat bernafas secara normal, berarti keadaan hidung Anda sehat. Tapi, apabila mengalami sedikit gangguan kecil yang berasal dari hidung, indikasi utamanya adalah alergi, pilek dan sinusitis.

Banyak orang yang yang hidup dengan hidung tersumbat. Jika hidung tersumbat, Anda hanya mengambil 30 persen oksigen.

Jika cairan bening keluar dari hidung, berarti Anda mengalami alergi. Jika yang keluar adalah cairan berwarna kuning atau hijau itu menunjukkan infeksi.

4. Periksa kuku

Keadaan alami kuku Anda harus kuat, bersih dan jelas. Setiap variasi yang signifikan merupakan gejala dari sesuatu yang lebih dalam terjadi.

Gejala yang sering kali timbul terhadap kesehatan kuku adalah kekurangan vitamin, mineral, protein, anemia, masalah tiroid, ketidakseimbangan horman dan psoriasi.

Cara mengetahuinya adalah dengan melihat kuku Anda dan perhatikan perubahan warna yang terjadi pada kuku tersebut. Jika timbul bintik-bintik putih mungkin hanya memerlukan manikur.

Tetapi, jika Anda melihat linear yang berjalan ke kutikula, bisa jadi Anda terkena melanoma atau kanker kulit dan Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Jika di bawah kuku terjadi perubahan warna menjadi coklat kemungkinan disebabkan oleh jamur.

Jika kuku berwarna putih sedikit kehitaman disekitar kuku dan gelap di ujungnya, pertanda itu gejala penyakit ginjal.

5. Fokus pada gigi

Jika rutin memerikasakan gigi Anda, kemungkinan besar Anda dapat mencegahnya. Tetapi, jika Anda mengetahui gigi Anda mengalami gusi berdarah kemungkinan ada kelainan pada gigi Anda.

Pendarahan pada gusi pertanda bahwa Anda infeksi bakteri. Penelitian menegaskan bahwa radang gusi terinfeksi terkait dengan penyakit jantung karenaa peradangan kronis memicu terciptanya bahan kimia sistim kekebalan dalam aliran darah yang penumpukannyua terjadi di lemak.

6. Periksa kulit Anda

Kulit berhubungan dengan kanker kulit. Kanker kulit merupakan kanker kedua yang paling umum untuk wanita antara usia 20 dan 29 dan wanita di bawah 40 tahun Kanker kulit meningkat tiga kali lipat dalam 30 tahun terakhir.

Usia rata-rata untuk mendiagnosa terkena kanker kuliat adalah pada usia 50 tahun. Tapi lebih baik lagi apabila Anda melakukannya diagnosa lebih dini biar semakin mudah untuk mengobatinya.

Cara mengetahuinya adalah lihat dan periksa kulit Anda. Apakah terjadi perubahan-perubahan kecil yang mengganggu. Periksa diri Anda dengan cara memerhatikan bintik-bintik, tahi lalat dan ada luka yang mencurigakan yang belum sembuh. [yy/liputan6]