22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

5 Dosa Sandal Jepit bagi Kaki dan Tubuh

5 Dosa Sandal Jepit bagi Kaki dan Tubuh Fiqhislam.com - Sandal jepit merupakan pilihan sebagian orang untuk acara santai. Rasanya yang nyaman, sering dipilih karena alasan praktis dalam penggunaan. Meskipun demikian, ternyata dalam sebuah studi yang dikutip dari Magforwomen, sandal jepit memberikan efek negatif bagi penggunanya.

1. Sandal jepit tidak memberi dukungan ke kaki, tidak seperti sandal maupun sepatu lainnya. Hal tersebut disebabkan karena bentuknya yang datar. Keadaan ini tidak mampu menopang bentuk lengkungan kaki dan tumit dengan sempurna.

2. Jika Anda memakai sandal jepit sepanjang waktu, maka secara alami kaki Anda akan terkena udara dan unsur lainnya. Dalam penelitian terbaru menunjukkan, terbukti bahwa sandal jepit saat terkena udara menarik lebih dari 15.000 jenis bakteri yang berbeda.

3. Seperti sandal jepit yang longgar, mereka tidak menjamin dukungan pada bentuk kaki Anda. Meskipun jari-jari kaki akan leluasa, namun penggunaan sandal jepit tidak akan mampu menjaga bentuk kaki yang ramping.

4. Karena tidak ada dukungan ditambahkan dalam sandal jepit, hal itu menyebabkan kaki Anda untuk bergerak wajar. Yang pada gilirannya memicu pergelangan kaki dan nyeri pinggul. Jika Anda memakai sandal jepit sepanjang waktu, maka Anda mungkin juga mengalami sakit punggung.

5. Sandal jepit akan menempatkan tekanan pada kaki. Jika Anda memakainya dalam waktu yang lama, Anda mungkin mengalami rasa sakit dan tekanan pada area telapak kaki.

Walaupun menjanjikan kenyamanan, ternyata sandal jepit tidak seluruhnya bermanfaat bagi kesehatan kaki Anda. Untuk itu, pilihlah sandal dengan bentuk yang mengikuti lengkungan telapak kaki. [yy/mediaIndonesia/foto
analisadaily.com]