16 Dzulhijjah 1442  |  Senin 26 Juli 2021

basmalah.png

Waspada, Serangan Jantung pada Wanita Sulit Terdeteksi

Waspada, Serangan Jantung pada Wanita Sulit Terdeteksi Fiqhislam.com - Pria memang cenderung berisiko untuk terkena serangan jantung. Faktor tradisi dan kebiasaan menjadikan pria ada pada risiko tinggi serangan jantung. Namun wanita juga cukup berisiko terkena penyakit mematikan ini.
 

Para wanita harus lebih waspada terhadap serangan jantung. Penyakit yang kerap menghampiri para pria ini, justru lebih berbahaya pada wanita. “Serangan jantung memang khas terjadi pada pria, dengan gejala yang juga mudah dikenali.  Kabar buruknya adalah serangan jantung pada wanita ini, gejalanya agak sulit untuk terdeteksi,” ungkap Dr. Pudjo Rahasto, SpJP, spesialis jantung dan pembuluh darah, dalam wawancara eksklusif bersama Okezone, di Rumah Sakit Awal Bros, Tangerang, Kamis (20/12/2012).
 
“Serangan jantung dengan gejala yang khas terjadi pada wanita dan mereka yang berusia lanjut, dan ini yang membuat deteksi cukup sulit,” ungkap Dr. Pudjo.
 
Para wanita harus memerhatikan gejala khas dari serangan jantung berikut ini, misalnya rasa tidak nyaman pada dada, bukan berupa rasa sakit, tapi tidak nyaman, kemudian muncul keringat dingin pada telapak tangan atau tubuh, keringat yang keluar terasa aneh atau tidak normal. Juga munculnya rasa sakit pada ulu hati seperti penyakit maag, tetapi setelah mengonsumsi obat maag, sakitnya tetap ada atau tidak hilang.
 
“Jika gejala tersebut muncul, maka segera lakukan pemeriksaan. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, tidak merokok, dan menghindari asupan tinggi kolesterol yang dapat membahayakan kesehatan jantung Anda,” tutup Dr. Pudjo. [yy/okezone]