30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Jangan Sepelekan Rematik! Bisa Akibatkan Cacat Pemanen

Jangan Sepelekan Rematik! Bisa Akibatkan Cacat PemanenFiqhislam.com - Masih banyak orang menganggap rematik sebagai penyakit sepele, bahkan tidak sedikit dari mereka mengambil solusi dengan jalan mengobati sendiri sakitnya. Kondisi ini terjadi, dikarenakan rematik dipandang sebagai penyakit ringan yang tidak sampai menimbulkan kematian bagi penderitanya.
 
Padahal banyak ancaman yang dapat terjadi, bila salah dalam hal penanganan dan pemberian obat misalnya. Lebih jauh lagi, bila tidak segera ditangani rematik bisa membuat anggota tubuh berfungsi tidak normal. Mulai dari benjol-benjol, sendi kaku, sulit berjalan, bahkan kecacatan seumur hidup.
 
Rematik atau dalam istilah medis disebut rheumatoid arthritis (RA) adalah penyakit yang menyerang persendian dan struktur di sekitarnya. rematik bisa menyerang bagian kepala sampai kaki. Namun, secara umum penyakit ini ditandai dengan sejumlah gejala, seperti nyeri di lutut, siku, pergelangan, maupun di bagian sendi-sendi lain. Gangguan ini juga tidak memandang jenis kelamin, usia hingga status sosial dari penderitanya.
 
"Biasanya keluhan yang dirasakan penderita, adalah nyeri pada persendian atau perasaan kaku ketika organ gerak digerakkan. Umumnya gangguan ini, menyerang sendi pada tangan, lutut dan kaki. Anggapan bahwa penyakit ini identik dengan usia lanjut, tidak sepenuhnya benar. Faktanya gangguan ini juga mengincar usia muda, oleh sebab itu patut mendapat perhatian dan diwaspadai," ungkap dr Fisca Kurniasih kepada Tribun Lampung (grup Tribunnews.com). [yy/tribunnews]