2 Jumadil-Awal 1443  |  Senin 06 Desember 2021

basmalah.png

Akupunktur Bisa Kurangi Tekanan Darah

Akupunktur Bisa Kurangi Tekanan DarahFiqhislam.com - Sebagian orang takut melakukan akupuntur. Pasalnya, jarum suntik yang dimasukkan ke dalam tubuh ini dinilai menyakitkan. Nyatanya, akupuntur dapat mengurangi tekanan darah seseorang. Seperti apa? 

Teknik yang berasal dari Asia ini telah digunakan selama berabad-abad oleh dokter asal China, Jepang, dan Korea untuk menangani beragam penyakit. Pada 2005, para peneliti Jerman melaporkan penemuan mereka atas efektivitas akupunktur dalam terapi tekanan darah yang dimuat dalam rapat ilmiah tahunan American Heart Association, sebagaimana dilansir oleh Robert E. Kowalski dalam buku Terapi Hipertensi.
 
Mereka bekerja dengan 160 pasien pria dan wanita usia 45 hingga 75, yang semuanya mengidap hipertensi ringan hingga sedang dilakukan akupuntur. Hasilnya, terdapat 141 orang turun tekanan darahnya dari 131/81 ke 125/78 dan pasien yang melakukan perawatan akupunktur tidak ditemukan efek tertentu.
 
Dengan segudang manfaat yang terdapat pada akupunktur. Mungkin teknik ini dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan darah. [yy/okezone/foto
unram.ac.id]