30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Ini Dampak Sering Gunakan Obat Tetes Mata

Ini Dampak Sering Gunakan Obat Tetes MataFiqhislam.com - Menggunakan obat tetes mata mungkin dianggap dapat membersihkan mata dari kotoran yang masuk. Hal tersebut memang benar adanya, tetapi tahukah Anda jika sering menggunakan obat tetes mata akan menyebabkan penyakit glaukoma?

Obat tetes mata biasanya digunakan untuk membersihkan mata dari kotoran. Selain itu, peradangan mata seperti infeksi, mata memerah, dan lainnya dapat diobati menggunakan obat tetes mata. Namun, obat tetes mata tertentu jika digunakan dalam jangka waktu lama akan menyebabkan penyakit glaukoma. Hal tersebut dikatakan oleh dr. R. Muhamad Ramdani, spesialis mata dari RS. Awal Bros, Tangerang.

“Obat tetes mata tertentu memiliki kandungan steroid di dalamnya. Jika digunakan terus-menerus akan menyebabkan timbulnya penyakit glaukoma,” ungkapnya saat diwawancarai Okezone di RS. Awal Bros, Tangerang, Jumat (28/12/2012).

Kandungan steroid yang terdapat di dalam obat tetes mata tertentu, tambahnya, merupakan kandungan berbahaya jika digunakan pada mata. Penyakit glaukoma merupakan salah satu penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan. Hal ini disebabkan karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat, sehingga bola mata akan membesar dan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata. Alhasil, saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata akan mati (kebutaan).

“Jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata. Sesekali boleh, tapi lebih baik lihat dulu komposisi kandungan obat mata itu,” tutupnya. [yy/okezone/foto
okezone.com]