fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


1 Syawal 1442  |  Kamis 13 Mei 2021

Waspada, AC Pemicu Kematian

Waspada, AC Pemicu KematianFiqhislam.com - AC atau Air Conditioner yang digunakan sebagai pendingin udara sangat membantu bagi orang-orang yang hidup di daerah tropis dengan suhu panas seperti Indonesia.

Namun pemakaian AC secara terus menerus ternyata dapat membawa pengaruh buruk pada kesehatan tubuh.

Berikut diantara pengaruh buruk pemakaian AC seperti dikutip dari globaltvedmonton:

1. Sakit kepala dan kelelahan.

Study menemukan bahwa bekerja pada ruangan yang ber AC secara terus-terusan dapat memicu timbulnya sakit kepala yang kronis. Selain itu, tubuh bisa jadi mudah lelah dan rentan terkena sakit batuk, flu dan pilek.

2. Kulit kering.

Bekerja dalam sebuah ruangan ber AC membuat kulit Anda menjadi kering. Cara mengatasinya, cukup oleskan lotion agar pori-pori tubuh tak terbuka dan cairannya menguap terkena AC.

3. Ketergantungan.

Ketergantungan tubuh pada hawa yang selalu sejuk dan terjaga membuat kemampuannya menghadapi cuaca panas perlahan hilang. Tubuh jadi mengalami stress jika harus berada di tempat yang panas dan sulit mentolerirnya. Akibat paling parahnya, bisa terjadi kematian.

4. Sakit makin parah.

AC ternyata membuat tubuh tak peka ‘merasakan’ sakit yang sedang diderita, hingga kondisi penyakit itu jadi makin parah sebelum akhirnya diobati.

5. Sakit pernafasan.

Udara yang berputar dalam sebuah ruangan tertutup karena pemakaian AC menyebabkan bakteri dan mikro-organisme mudah berkembangbiak dan menjadi masalah pernafasan.

Penyakit yang biasanya timbul adalah batuk, demam, hingga pneumonia. [yy/pelitaonline]