14 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 21 Oktober 2021

basmalah.png

Perbanyak Serat, Fungsinya Tak Hanya Perlancar BAB

Perbanyak Serat, Fungsinya Tak Hanya Perlancar BABFiqhislam.com - Banyak ahli yang menyarankan Anda untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Bukan tanpa alasan memang mengapa para ahli kesehatan tersebut meminta Anda mengonsumsi serat seperti buah dan sayur.

Ternyata ada banyak manfaat yang bisa Anda ambil dari bahan makanan tersebut dan tidak sekadar melancarkan BAB.

Jadi jika kita ingin tumbuh menjadi kuat seperti Popeye, Anda hanya perlu mengonsumsi tumpukan sayur bayam segar bukan sayuran atau buah dalam bentuk suplemen. Dalam lima sampai 10 tahun terakhir, banyak studi penelitian besar menemukan bahwa suplemen vitamin tidak memberikan manfaat seperti yang dilakukan oleh makanan segar. Makanan adalah sumber terbaik nutrisi karena mengandung bahan alami, seperti karotenoid dan flavonoid, demikian yang dilansir Everydayhealth.

Buah-buahan dan sayuran dapat mencegah banyak penyakit. Makan buah-buahan dan sayuran dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, stroke, diabetes tipe 2, dan bahkan beberapa jenis kanker. Bagian dari penelitian menunjukkan bahwa lebih banyak buah dan sayuran yang dimakan sehari-hari, semakin sedikit peluang seseorang terserang penyakit kardiovaskuler.

Buah-buahan dan sayuran juga dapat mengontrol berat badan Anda. Mereka rendah lemak dan kalori, dan sarat dengan serat dan air, yang menciptakan perasaan kenyang. Hal ini sangat membantu bagi yang ingin diet kalori karena mengisi perut Anda lebih lama. Plus, bahwa serat membantu menjaga Anda tetap sehat.
 
Jumlah yang tepat dari porsi buah dan sayuran untuk Anda semua tergantung pada kebutuhan harian Anda asupan kalori. Cara yang baik untuk mengetahui berapa banyak porsi Anda adalah dengan menggunakan perhitungan masa indeks tubuh yang banyak Anda temukan pada layanan digital seperti ponsel atau internet. [yy/okezone]