30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Pemilik Tato Rentan Hepatitis C

Pemilik Tato Rentan Hepatitis CFiqhislam.com - Pertimbangkanlah masak-masak sebelum Anda memutuskan untuk membubuhkan tato di tubuh. Dari hasil studi diperoleh kesimpulan bahwa tato bisa menyebabkan hepatitis C yang berujung pada kanker hati.

Menurut penelitian, yang dipublikasikan jurnal Hepatologi, orang dengan virus hepatitis C, hampir empat kali lebih mungkin memiliki tato. "Tato dapat menimbulkan risiko untuk hepatitis c yang dapat mengendap selama bertahun-tahun tanpa diketahui," kata peneliti Fritz Francois dari New York University Langone Medical Center. Sekitar 3,2 juta orang di Amerika Serikat menderita hepatitis C, dan banyak dari mereka yang tidak menyadarinya, menurut Badan Pencegahan dan Penanganan Penyakit AS (CDC).

Hepatitis C merupakan penyebab utama kanker hati dan alasan yang paling umum untuk transplantasi hati di AS. Sekitar 70% orang yang terinfeksi akan mengembangkan penyakit hati kronis dan 5 persennya akan meninggal akibat sirosis atau kanker hati.

Para peneliti telah bertanya ke hampir 2.000 orang tentang tato mereka dan status hepatitis di tiga rumah sakit daerah New York antara 2004 dan 2006. Mereka menemukan bahwa 34 persen orang dengan hepatitis C memiliki tato jika dibandingkan dengan 12 persen dari orang tanpa infeksi.

Setelah memperhitungkan faktor risiko lainnya, perbedaan antara orang dengan dan tanpa hepatitis, ternyata risiko terkena hepatitis C empat kali lebih besar pada mereka yang memiliki tato. "Ini bukan kejutan besar bagi saya," kata John Levey, kepala gastroenterologi di University of Massachusetts Medical School di Worcester. Untuk itu, Scott Holmberg dari CDC merekomendasikan bahwa sebaiknya orang mendapatkan tato atau tindikan oleh para profesional terlatih. [yy/metrotvnews]