5 Jumadil-Awal 1443  |  Kamis 09 Desember 2021

basmalah.png

Tujuh Makanan Pencegah Wasir, Apa Saja ?

Tujuh Makanan Pencegah Wasir, Apa Saja ?Fiqhislam.com - Wasir adalah masalah kesehatan yang cukup banyak diderita baik lelaki maupun perempuan. Keluhan ini terjadi karena terjadi pembengkakan dan peradangan pembuluh darah dalam atau  luar di bagian bawah anus.

Gejala wasir ditandai dengan nyeri di sekitar anus (selama dan setelah buang air besar), gatal-gatal dubur dan perdarahan. Keluhan ini sendiri bisa sangat menyakitkan ketika Anda meletakkan tekanan pada daerah dubur. Jika Anda menderita sembelit, maka wasir dapat benar-benar menyakitkan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi keluhan  tersebut secara alami? Berikut penjelasannya seperti dilansir Boldsky.

1. Jus Lobak
Jus Lobak adalah obat alami untuk mengobati wasir. Mulailah dengan mengambil seperempat segelas jus lobak, lalu secara bertahap konsumsinya ditingkatkan menjadi setengah gelas jus lobak.

2. Kulit Delima
Kulit delima sering digunakan sebagai obat untuk wasir. Caranya, kupas lalu rebus kulit delima hingga mendidih, angkat, saring airnya. Minum ramuan tersebut satu atau dua kali sehari.

3. Jeruk Nipis dan Madu
Dehidrasi adalah salah satu penyebab wasir. Untuk mencegah dehidrasi, ambil segelas air hangat dicampur dengan air jeruk nipis. Kemudian tambahkan beberapa tetes madu. Minum ramuan ini secara teratur dua kali sehari untuk tetap terhidrasi.

4. Buah Ara
Rendam buah ara kering dalam segelas air semalam. Kemudian minum setengah gelas air di pagi dan di malam hari. Serat dalam buah ara sangat efektif untuk menyembuhkan sembelit dan wasir.

5. Kunyit
Rempah-rempah memiliki sifat penyembuhan dan anti-inflamasi. Anda dapat membuat ramuan sederhana dengan merebus kunyit yang sudah dihaluskan. Minum ramuan ini setiap hari. Cara ini sangat efektif untuk menyembuhkan masalah wasir secara alami.

6. Pepaya
Jika Anda sembelit, cobalah mengonsumsi pepaya. Buah ini dapat meringankan sembelit dan memperlancar sistem pencernaan.

7. Pisang
Pisang juga bisa mengurangi sembelit karena dapat menormalkan fungsi usus dalam menyerap air. Buah ini juga terkenal karena kandungan seratnya tinggi.

Namun bila cara alami belum juga menunjukkan hasil yang menggembirakan, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Selamat mencoba! [yy/rimanews]