13 Safar 1443  |  Selasa 21 September 2021

basmalah.png

Bau Mulut, Cegah Dengan Makanan Ini

Bau Mulut, Cegah Dengan Makanan IniFiqhislam.com - Disadari atau tidak, bau mulut memang kerap kali terjadi, dan ini tentunya membuat orang yang berbicara dengan kita tentunya merasa tak nyaman.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengindari bau mulut. Yang pertama dan terutama tentunya adalah menjaga kesehatan dan kebersihan mulut, begitu saran dari Mayo Clinic.

Bila Anda lalai menjaga kebersihan mulut, sisa makanan akan tinggal di dalamnya, yang kemudian menyebabkan bakteri berkembang biak. Bakteri yang berkembang biak tersebut kemudian menimbulkan bau mulut.

Hal ini bisa diperparah karena kebiasaan buruk tidak rajin menggosok gigi dan membersihkan sisa makanan begitu selesai makan. Semua bakteri yang berkembang biak tersebut dapat mengakibatkan penyakit gusi, yang tentunya bisa menyebabkan bau mulut juga.

 “Sebenarnya, gigi bukanlah akar permasalahan dari bau mulut, melainkan bakteri yang berkembang biak di lidah,” ujar Dr. Harold Katz, penemu California Breath Clinic kepada CNN. Ia mengatakan cara terbaik untuk mengetes bau mulut bukanlah dengan membaui napas dalam tangan yang diungkap, tetapi dengan menjilat tangan, membiarkan air liur sampai kering, baru kemudian membauinya.

Tentu saja kondisi medis lainnya dapat menyebabkan bau mulut. Mulut kering (dikenal dengan istilah medis xerostomia) bisa mengakibatkan halitosis (bau napas yang tak sedap), begitu pula dengan infeksi mulut dan bahkan kanker.

Namun, untuk beberapa dari kita, bau mulut adalah sesuatu yang dapat dihindari dengan merawat kebersihan mulut dan teliti dalam memilih makanan. Berikut ini 8 makanan untuk mencegah bau mulut menurut ahli diet Amy Jamieson-Petonic dari Academy of Nutrition and Dietetics.

1.      Air mineral

Air membasahi mulut dan tenggorokan dan menyapu bakteri yang dapat mengakibatkan bau tak sedap serta sisa makanan.

2.      Apel

Makanan yang tinggi serat membuat mulut menghasilkan air liur yang lebih banyak. Air liur kaya akan oksigen yang merupakan musuh alami bakteri penyebab bau mulut. Apel juga membantu membersihkan plak dan sisa makanan dari gigi yang turut berperan sebagai penyebab bau mulut.

3.      Permen karet

Permen karet juga menstimulasi produksi air liur dan membersihkan sisa makanan yang ada di sela-sela gigi. Pilihlah permen karet yang bebas gula dan mengandung zat xylitol untuk mencegah gigi berlubang.

4.      Makanan yang kaya vitamin C

Vitamin C dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut serta menetralisasi bau tak sedap dari makanan seperti bawang merah dan bawang putih.

5.      Yogurt

Yogurt bukan hanya bagus untuk kesehatan, tetapi juga untuk napas yang segar. Yogurt menurunkan kadar hidrogen sulfida dalam mulut, yang merupakan limbah dari bakteri anaerobik. Yogurt rendah gula lebih disarankan.

6.      Roti gandum

Mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dapat membantu membuat napas segar.

7.      Kayu manis

Minyak esensial kayu manis terbukti dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

8.      Teh hijau

Antioksidan dalam sayuran dan teh hijau berguna untuk mencegah bakteri menempel di gigi. [yy/rimanews]