22 Dzulhijjah 1442  |  Minggu 01 Agustus 2021

basmalah.png

Terbukti Minyak Zaitun Efektif Cegah Penyakit Alzheimer

Terbukti Minyak Zaitun Efektif Cegah Penyakit AlzheimerFiqhislam.com - Sebuah penelitian terbaru dari Amerika Serikat mengidentifikasi komponen spesifik dalam minyak zaitun yang bermanfaat untuk otak. Zat ini mampu melindungi sel saraf di otak dari protein racun yang menyebabkan penyakit Alzheimer.

Penelitian yang dilakukan bermula dari trend diet Mediterania yang sedang melanda dunia dan hubungannya dengan penyakit kognitif ini. Saat sekitar 30 juta orang di dunia terserang penyakit Alzheimer, di negara-negara Mediterania tingkat pengidap penyakit Alzheimer malah cendeurng lebih rendah.

Tim peneliti dari University of Louisiana menemukan komponen bernama oleocanthal dalam minyak zaitun membantu menghancurkan protein racun bernama amyloid beta dari otak yang diperkirakan menjadi pemicu penyakit Alzheimer.

Racun tersebut membentuk plak yang membunuh sel saraf dan akhirnya menghentikan satu bagian dalam otak sehingga menimbulkan gejala seperti kehilangan ingatan dan mudah bingung. Dikatakan Amyloid beta terbentuk di dalam otak selama kurang lebih satu dekade sebelum tanda dementia pertama terlihat.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam ACS Chemical Neuroscience, jurnal American Chemical Society, tim peneliti menguji oleocanthal pada tikus percobaan. Kandungan ini ditemukan bisa meningkatkan produksi dua protein dan enzim penting yang bisa menyingkirkan amyloid beta dari otak. Selanjutnya menghentikan pembentuk protein tersebut di sel saraf.

“Oleocanthal yang berasal dari extra virgin olive oil yang berhubungan dengan diet Mediterania mempunyai potensi untuk menurunkan risiko penyakit Alzheimer atau penyakit yang berhubungan dengan dementia,” tutur Dr Amal Kaddoumi dari University of Louisiana kepada Express (26/03/2013).

Namun, Dr Simon Ridley selaku kepala penelitian Alzheimer Inggris mengatakan penelitian ini perlu diteliti lebih jauh dengan skala yang lebih besar.

“Tikus dalam studi ini disuntik oleocanthal. Tetapi masih belum diketahui apakah konsumsi normal minyak zaitun akan mempunyai efek yang sama terhadap semua orang. Akhirnya kami butuh penelitian skala besar dan terkontrol untuk menentukan apakah oleocanthal atu minyak zaitun bisa ampuh dalam perawatan atau pencegahan Alzheimer,” kata Dr Simon Ridley. [yy/
detik.com]