30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Makan Sirsak, Cepat Tolak Penyakit Kronis

Makan Sirsak, Cepat Tolak Penyakit KronisFiqhislam.com - Sama seperti apel dan semangka yang kaya akan antioksidan, sirsak diklaim bisa mencegah timbulnya penyakit kronis. Benarkah ?

Buah sirsak yang nama ilmiahnya Annona muricata Linn, memiliki rasa asam manis yang segar. Walau tampak luarnya tak begitu menarik, namun kandungan zat antioksidan pada buah sirsak bermanfaat besar untuk menolak beberapa penyakit kronis.

Vitamin C yang cukup tinggi pada buah sirsak lah yang menjadi antioksidan dan berfungsi meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tahan dari serangan penyakit. Bagi kecantikan kulit, vitamin ini juga berpengaruh baik.

"Kami yakin bahan baku ekstrak herbal dari buah sirsak ini akan memberikan profil antioksidan yang signifikan," kata Thomas R Harsono, CEO perusahaan bahan baku PT Tigaka Distrindo Perkasa, saat peluncuran logo baru perusahaan itu, di Jakarta, Rabu (27/3).

Dia menjelaskan, buah sirsak mengandung asam askorbat yang dapat meningkatkan antioksidan di dalam tubuh kita, sehingga dapat membantu untuk melawan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh kita ini.

Menurutnya, antioksidan yang terkandung didalamnya, juga diyakini dapat mencegah terjadi penuaan dini khususnya bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan.

"Ini seiring dengan peningkatan ekonomi masyarakat yang ditunjang dengan gaya hidupnya. Masyarakat kini lebih mencari produk yang bisa membuat awet muda atau menunda penuaan. Bahan-bahan aktif untuk anti-aging banyak digemari karena mengandung antioksidan," jelasnya.

Selain itu buah sirsak pun mengandung kalsium yang mencegah terjadinya osteoporosis dan menguatkan tulang. Vitamin A dan B juga ternyata ada di dalamnya.

Jika Anda mengalami diare, ambeien, atau penyakit liver, maka sirsak bisa dijadikan obat alternatif menyembuhkannya.Caranya, bisa dengan dimakan segar, atau dijadikan jus. Dapat pula Anda rebus sebentar dengan tambahan gula jawa.

Tak hanya buahnya, daun sirsak pun kini mulai dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan. Daun sirsak yang mengandung acetoginin ini dikatakan mampu mengobati beberapa jenis penyakit seperti kanker, asam urat, infeksi, dan rematik. [yy/inilah.com/foto mengobati.com]