27 Rabiul-Akhir 1443  |  Kamis 02 Desember 2021

basmalah.png

Waspada 5 Penyebab Tekanan Darah Rendah

Waspada 5 Penyebab Tekanan Darah RendahFiqhislam.com - Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah istilah ketika tekanan darah berada di bawah normal. Angka normal tekanan darah adalah 120/80 mmHg.

Hipotensi dialami banyak orang di seluruh dunia, tapi cenderung diabaikan. Padahal, tekanan darah rendah yang konstan bisa menghalangi oksigen dan nutrisi-nutrisi penting lain mengalir menuju otak. Pada gilirannya, hal ini bisa menyebabkan masalah serius bahkan kematian.

Guna menghindari akibat serius dari tekanan darah rendah, adalah penting untuk mengetahui penyebab-penyebabnya. Ada banyak penyebab yang membuat seseorang mengalami hipotensi, namun di bawah ini adalah beberapa penyebab umum yang banyak terjadi.

1.
Dehidrasi
Dehidrasi adalah hal yang paling sering dialami orang dalam kehidupan sehari-hari. Dehidrasi berkepanjangan bisa disebabkan karena seseorang mengalami mual, muntal, dan diare. Alasan lain, adalah karena berolahraga, terlalu banyak mengeluarkan keringat, dan serangan panas. Jika cairan yang keluar tidak segera diganti, ini bisa menyebabkan hipotensi orthostatik. Gejalanya adalah kepala ringan, pusing, atau pingsan.

2.
Perdarahan
Kehilangan darah, apakah banyak atau sedang, juga bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Perdarahan bisa disebabkan karena kecelakaan, operasi, atau alasan lain. [yy/tempo
.co]