pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


15 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 25 Juni 2021

Kurangi Risiko Penyakit Hati dengan Kacang-kacangan dan Bayam

Kurangi Risiko Penyakit Hati dengan Kacang-kacangan dan BayamFiqhislam.com - Penyakit hati (fatty liver) dapat timbul sebagai akibat dari obesitas. Jika Anda gemar kacang-kacangan dan sayuran hijau, ada kabar baik untuk Anda. Menurut penelitian terbaru, makan sayuran hijau dan kacang-kacang dapat mengurangi gejala penyakit hati.

Para peneliti yakin konsumsi makanan yang tinggi kandungan vitamin E dapat mengurangi risiko penyakit hati, termasuk yang dibawa oleh obesitas.

"Implikasi penelitian ini memiliki dampak langsung terhadap kehidupan jutaan orang, khususnya orang dengan obesitas yang berisiko terkena penyakit hati," ujar dr. Danny Manor, seorang profesor di Case Western Reserve University School of Medicine in Ohio, Amerika Serikat.

Ia bersama timnya mempelajari sekelompok tikus yang berada di stadium lanjut steatohepatitis non-alkohol. Ini merupakan komplikasi dari obesitas yang ditandai dengan penumpukan lemak dan peradangan dalam hati. Efek ini paling sering terjadi pada orang dengan obesitas yang memiliki tekanan darah dan kolesterol tinggi.

Steatohepatitis non-alkohol ini merupakan bentuk yang paling parah dari penyakit hati dan merupakan penyebab utama sirosis dan kanker hati. Untuk menguji pengaruh vitamin E, tim mempelajari tikus yang tidak diberi vitamin. Didapat adanya peningkatan tumpukan lemak dan kerusakan hati pada tikus.

Efek vitamin E pada kesehatan tubuh sebelumnya memang sulit untuk dipastikan. Namun diyakini sifat antioksidan yang terdapat dalam vitamin E memberi perlindungan dari berbagai kondisi termasuk diantaranya penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer.

"Temuan ini diharapkan akan meningkatkan kepedulian orang untuk mengonsumsi vitamin E, karena sebagian besar orang dewasa tidak mengonsumsi vitamin E dalam jumlah yang cukup," lanjut Manor, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (25/4/2013).

Untuk orang dewasa, kecukupan vitamin E yang dianjurkan adalah 4 mg per hari. Makanan yang mengandung cukup vitamin E antara lain minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan sereal. [yy/health.
detik.com]