26 Rabiul-Akhir 1443  |  Rabu 01 Desember 2021

basmalah.png

Benarkah Produk Makanan Microwave Picu Serangan Jantung?

Benarkah Produk Makanan Microwave Picu Serangan Jantung?Fiqhislam.com - Karena praktis orang lebih suka membeli produk makanan instan yang dimasak dengan oven microwave. Tapi, dibalik kepraktisannya ternyata konsumsi produk ini membawa kandungan bernama asam perfluorooctanoic (PFOA) yang diduga bisa memicu serangan jantung.

PFOA adalah kandungan kimia yang bisa ditemukan di alat masak anti lengket, kemasan makanan, perabotan, bahkan jas hujan. Sebuah studi baru menyatakan kandungan ini mempunyai hubungan terhadap risiko penyakit jantung. Tapi, faktanya jejak kandungan ini pasti ditemukan di aliran darah manusia.

Studi yang dilakukan oleh West Virginia University (WVU) School of Public Health, Morgantown, Amerika Serikat melihat data kesehatan dari 1200 masyarakat Amerika. Mereka membandingkan tingkat serum PFOA dengan risiko penyakit jantung.

Hasil menunjukkan semakin banyak jumlah PFOA dalam aliran darah, semakin tinggi risiko penyakit jantung. Hasil ini tidak dipengaruhi oleh faktor seperti umur, ras, frekuensi merokok, BMI, diabetes, bahkan tekanan darah tinggi.

Sebelumnya, studi yang dipimpin Olga Naidenko selaku ilmuwan senior untuk Environmental Working Group menyatakan makanan yang dipanaskan melalui microwave bisa menyebabkan bahan kimia masuk ke dalam makanan. "Solusinya adalah jangan terlalu memasak makanan menggunakan microwave, meskipun cara tersebut memang sangat praktis," kata Olga kepada Fox News (12/07/2011).

Tapi, tim peneliti mengakui hasil ini belum bisa menunjukkan hasil yang jelas antara PFOA dan penyakit jantung. “Dua hal tersebut bisa terhubung dalam cara yang lain, seperti orang dengan penyakit jantung cenderung menyimpan PFOA lebih banyak dalam darah mereka,” tutur kepala peneliti Dr. Anoop Shankar, selaku kepala penelitian kepada Prevention (13/05/2013). [yy/
detik.com]