30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Agar Mata Sehat Konsumsilah Jeruk dan Kacang Merah

Agar Mata Sehat Konsumsilah Jeruk dan Kacang MerahFiqhislam.com - Mata merupakan salah satu panca indera yang sering terlewatkan untuk dirawat. Padahal cara menjaga kesehatan mata cukup mudah. Cukup konsumsi bahan makanan yang kaya vitamin seperti jeruk dan kacang-kacangan.

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk dan vitamin A dalam kacang merah bisa menghindari pembentukan katarak. Selain itu ada beberapa makanan ini baik untuk menjaga kesehatan mata seperti rekomendasi Health (17/05/2013).

1. Jeruk

Bahan makanan kaya vitamin C seperti jeruk dan paprika merah bisa melancarkan peredaran darah ke mata dan bisa menurunkan risiko katarak. Dalam 100 gram jeruk mengandung 49 mg vitamin C, dan paprika merah mengandung vitamin C dua kali lipat dari jeruk.

2. Kacang

Kacang kaya akan kandungan vitamin E, nutrisi yang dikenal bisa menjaga mata dari kerusakan karena radikal bebas. Konsumsi kacang almond, biji bunga matahari, dan hazelnut yang kaya vitamin E juga bisa menurunkan risiko pembentukan katarak dan kemunduran penglihatan karena usia.

3. Kacang Merah

Bahan makanan ini kaya kandungan zinc, mineral yang penting untuk kesehatan mata. Kandungan zinc bisa membantu penyerapan vitamin A dari hati ke retina untuk produksi melanin untuk perlindungan mata. Konsumsi zinc yang tepat bisa membantu menghindari katarak.

4. Salmon

Salmon mengandung dua asam lemak omega-3, docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) yang penting untuk menurunkan risiko terserang penyakit mata. Kekurangan asam lemak ini berkontribusi pada sindrom dry eye.

5. Bijian utuh

Studi terbaru menyatakan diet rendah indeks glikemik bisa menurunkan risiko penurunan penglihatan karena faktor usia hingga 8%. Konsumsilah beberapa hidangan whole grain seperti quinoa, brown rice, whole oats, dan roti whole-wheat.

yy/detik.com