22 Jumadil-Akhir 1443  |  Selasa 25 Januari 2022

basmalah.png
KESEHATAN

9 Langkah Atasi Nyeri Punggung

9 Langkah Atasi Nyeri PunggungFiqhislam.com - Menurut Institute of Medicine, Lebih dari 116 juta orang Amerika menderita nyeri kronis. Namun kebanyakan penderita selalu mengobati rasa nyerinya dengan berbagai macam obat, sehingga dapat membuat mereka ketergantungan.

Salah satu nyeri yang sering diderita kebanyakan orang adalah nyeri punggung. Nyeri punggung merupakan nyeri yang hilang timbul maupun terus menerus pada bagian punggung, dapat dialami oleh setiap orang. Kebanyakan nyeri punggung disebabkan oleh cedera otot atau ligamen akibat posisi tubuh yang salah saat mengangkat suatu benda, berdiri dalam waktu lama, kelelahan otot pada punggung belakang, stress fisik karena mengangkat barang berat atau kegemukan, maupun peradangan sendi/otot pada bagian punggung.

Nyeri punggung dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu, nyeri punggung akut, biasanya berlangsung kurang dari 6 minggu dan membaik setelah beberapa kali dilakukan terapi dan nyeri punggung kronik, biasanya berlangsung lebih dari 6 minggu dan gejalanya bervariasi dapat bersifat ringan sampai berat.

Penyebab nyeri punggung tidak diketahui secara pasti, nyeri punggung dapat juga merupakan gejala suatu penyakit seperti kanker yang sudah mengalami metastasis ke tulang belakang sehingga membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut cara untuk mengatasi nyeri punggung yang Anda rasakan:

1.Melakukan olahraga secara teratur untuk memperkuat tulang punggung dan otot punggung (pilih olahraga yang tidak berat atau tidak berisiko menimbulkan cedera)

2.Menghindari tindakan mengangkat barang berat, saat mengangkat barang lakukan dengan lutut menekuk dan punggung tetap tegak

3.Menghindari penggunaan sepatu bertumit tinggi

4.Menjaga berat badan dalam batas normal

5.Mengambil sikap/postur tubuh yang tepat selagi duduk, berdiri, atau bergerak

6.Istirahat jika tubuh terasa stress atau lelah

7.Tidur dalam posisi yang tepat, nyaman, dan tidak menimbulkan peregangan berlebihan pada punggung. Pilih kasur/alas tidur yang cukup padat (keras)

8.Mengubah posisi tubuh sesering mungkin selagi duduk atau berdiri dalam waktu lama untuk menghindari peregangan pada otot punggung

9.Mengatasi nyeri punggung juga dapat dilakukan dengan pemijatan, kompres hangat dan dingin, obat gosok,serta koyo.

Pilihan terapi dengan obat oral dapat digunakan analgesik antipiretik seperti paracetamol, obat AINS seperti ibuprofen, dan obat relaksasi otot seperti orphenadrine. Sebaiknya penggunaannya dibantu dengan konsultasi dokter terlebih dahulu. [yy/
tempo.co]