4 Jumadil-Awal 1443  |  Rabu 08 Desember 2021

basmalah.png

Jus Pare Ampuh untuk Hadang Kanker Pankreas

Jus Pare Ampuh untuk Hadang Kanker PankreasFiqhislam.com - Tiga tahun lalu peneliti menunjukkan pengaruh ekstrak pare pada sel kanker payudara. Kini, penelitian terbaru Pusat Kanker University of Colorado menunjukkan bukti kemampuan pare untuk menahan laju penyebaran sel kanker di pankreas, bahkan membunuhnya.

"Kami menggunakan jus pare dalam penelitian ini. Kandungan zat dalam pare mempengaruhi metabolisme glukosa sehingga membatasi energi dan membunuh sel-sel kanker pankreas," kata Rajesh Agarwal, PhD, pimpinan Divisi Kontrol dan Pencegahan, Pusat Kanker di universitas itu.

Argwal tertarik dalam jus pare dengan menghubungkan titik-titik penelitian yang ada sebelumnya dengan pendekatan baru. Kanker pankreas biasanya didahului oleh diabetes, dan jus pare selama ini dikenal ampuh mengendalikan diabetes tipe-II. Pare telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional Cina dan India untuk memerangi diabetes.

Argwal dan rekan bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika mereka langsung meneliti hubungan antara kanker pankreas dan pare.

Argwal mengatakan setelah konsumsi rutin jus pare, terdapat perubahan dalam peristiwa metabolisme dalam sel kanker pankreas dan aktivasi protein kinase dari AMP-activated, enzim yang menunjukkan tingkat energi yang rendah dalam sel.

Pare juga mengatur sekresi insulin oleh sel beta pankreas. Tikus pengidap kanker pankreas yang diberi makan jus pare setelah dibandingkan dengan kelompok kontrol menunjukkan 60 persen penurunan dalam pertumbuhan sel kanker pankreas.

"Ini adalah penemuan yang sangat menarik," kata Agarwal.  "Kita memiliki senyawa yang terjadi secara alamiah yang mungkin melakukan hal itu."

Tim Argwal yang melamar hibah untuk memungkinkan mereka untuk terus mempelajari pare dalam uji kemoprevensi lanjut dalam skala lebih luas. [yy/
tempo.co]