29 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 04 Desember 2021

basmalah.png

Terapi Sel Bikin Penderita Kanker Darah Hidup Lebih Lama

Terapi Sel Bikin Penderita Kanker Darah Hidup Lebih LamaFiqhislam.com - Peneliti dari Australian Academy of Science menemukan terapi untuk penderita kanker. Terapi ini dianggap efektif karena bisa membuat seorang yang waktu hidupnya tinggal menghitung jam akibat kanker, bisa bertahan hidup.

Hal ini disambut baik oleh ahli penyakit dalam sekaligus President of Indonesian Academy of Sciences, Profesor Sangkot Marzuki AM, MD, PhD, DSc yang ditemui di kantor Kedutaan besar Australia dalam acara Australia Indonesia Science Seminar Series yang bertemakan 'Harnessing Death for Life' pada Rabu (12/6/2013).

Menurutnya, penelitian yang dipimpin oleh Profesor Suzanne Cory ini merupakan hal yang menguntungkan bagi Indonesia. Karena penderita kanker tidak lagi harus melakukan skrining fisik, tapi bisa langsung skrining terhadap molekulnya.

"Pada dasarnya penelitian dari Australia ini adalah penelitian yang menemukan tipe kromosom translocation. Jadi begini, pada makhluk hidup itu sel-selnnya ada yang baru dan ada yang hilang. Kalau pada penderita kanker darah (leukimia) misalnya, sel darah merahnya terus tumbuh makanya jadi kanker. Terapi yang dilakukan Cory dan timnya ini adalah tentang kontrol network tubuh yang agak kompleks," jelasnya.

Prof Sangkot menjelaskan bahwa dalam penelitian Cory intinya ada dua molekul. Pertama molekul yang tugasnya terus tumbuh dan molekul lain yang mengatur untuk mematikan sel.

"Apoptosis atau proses alamiah untuk menghentikan sel kanker yang tumbuh terus ini yang disebut Cory bisa menjadi langkah penting ilmuwan untuk membuat obat," ungkapnya.

Jadi penelitian ini sangat penting. "Sekarang kita bisa tahu penyebab kanker. Dan seperti dijelaskan Cory, dalam terapinya ia membuat tiga orang penderita leukimia bertahan hidup. Padahal waktu hidupnya tidak lebih dari 24 jam," katanya. [yy/
liputan6.com]