30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Senyawa Pada Kaca Film Berbahaya buat Tubuh

Senyawa Pada Kaca Film Berbahaya buat TubuhFiqhislam.com - Kaca film memiliki fungsi cukup vital bagi sebuah kendaraan. Selain untuk menghalau panas, kaca film untuk menyamarkan pandangan bagian dalam mobil dari luar. Namun tahukah Anda, kandungan pada kaca film ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

Medical Doctor for Anti Aging and Dermatologist, dr Sonia Wibisono mengatakan kaca film merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan dan kaca film yang baik adalah yang mampu menolak panas.

"Kaca film itu penting karena kaca film merupakan tameng pertama yang menangkal sinar matahari, kaca film yang baik dapat menghalau sinar ultra violet (UV) langsung ke kulit," jelasnya saat perkenalan kaca film O2 baru-baru ini.

Menurut dokter cantik ini, sinar ultra violet itu sangat tidak bagus untuk kulit. "Efek jangka panjangnya bisa terkena kanker kulit," tukasnya.

O2 merupakan satu-satunya kaca film yang terbuat dari bahan organik. Terbuat dari serat tumbuh-tumbuhan membuat sampah dari kaca film ini dapat didaur ulang. Hal itu tentunya berbdeda dengan kaca film lainnya yang menggunakan bahan kimiawi yang kuat.

Zat senyawa yang digunakan dalam kaca film non-organik antara lain senyawa kimia untuk pewarna, pembuatan plastik/polyester, anti karat pada logam, konduktor, lem perekat dan lain sebagainya. Senyawa-senyawa tersebut menurut Sonia dapat menyebabkan berbagai penyakit.

"Senyawa ini berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi hidung dan tenggorokan, asma, hidung tersumbat, batuk, alergi, gangguan pencernaan, mual, dehidrasi, nyeri sendi, gangguan pengelihatan, penurunan daya ingat, gangguan fungsi ginjal dan hati, penurunan daya tahan tubuh bahkan menghambat pertumbuhan janin bagi ibu hamil," jelasnya. [yy/
okezone.com]