22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Delapan Manfaat Penting Mengkonsumsi Buah Kiwi

Delapan Manfaat Penting Mengkonsumsi Buah KiwiFiqhislam.com - Ukurannya memang kecil tapi siapa sangka jika buah asal negara Tirai Bambu ini mempunyai banyak manfaat. Sedikitnya ada delapan manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi sedikitnya dua buah kiwi perhari.

Dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Fiastuti Witjaksono MSc MS Sp.GK mengatakan berdasarkan data WHO dan FAO, mengkonsumsi buah dan sayuran dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kanker saluran cerna 14%, penyakit jantung koroner 11% dan stroke 9%.

Menurut Fiastuti, tingginya tingkat kematian akibat penyakit-penyakit itu karena pola makan yang tidak seimbang, kurang mengonsumsi sayur dan buah. Apalagi jika kehidupan sehari-hari mengkonsumsi suplemen makanan dan tidak diimbangi dengan asupan sayur dan buah, maka suplemen bisa menjadi parasit dan menggumpal dalam lambung.

Dalam pemaparan Fiastuti pada acara kampanye 'Feel the Difference' dari Zespri di Hotel Grand Clarion Makassar, Kamis (27/6/2013), data WHO rata-rata konsumsi buah dan sayur masyarakat Indonesia hanya 2,5 porsi per hari. Dalam setahun hanya mencakup 34,55 kg/kapita/tahun. Padahal anjuran FAO mestinya konsumsi buah harusnya 73 kg/kapita/tahun dan standar kecukupan untuk sehat sebesar 91,25 kg/kapita/tahun.

“Jadi buah dan sayur itu penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, mencegah penyakit degeneratif dan berbagai manfaat lainnya. Karena itu konsumsilah buah, salah satunya buah kiwi, dan sayuran secara teratur," jelasnya.

Buah kiwi telah lama dikenal kaya akan vitamin C dan vitamin E. Kandungan vitamin C pada buah kiwi dua kali lebih tinggi dibandingkan jeruk dengan perbandingan berat yang sama. Buah kiwi mengandung serat dan enzim unik actinidin yang berfungsi membantu pencernaan protein sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.

Sedikitnya ada delapan manfaat yang bisa kita rasakan dengan mengkonsumsi dua buah dan tiga porsi sayur setiap hari secara teratur. Manfaatnya, mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti kecing manis, kanker, obesitas, dan penuaan dini, memperlancar proses metabolisme, meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mencegah kerusakan sel.

Buah yang langka di Indonesia dan hanya diimpor dari negara lain itu juga kaya akan asam folat yang bermanfaat bagi ibu yang ingin hamil, serta memiliki glycaemic indeks yang rendah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Untuk mengenal buah kiwi lebih jauh lagi, pada kesempatan yang sama, Yuyuh Sukmana, Market Development Manaager Zespri Internasional Ltd, merek dagang buah Kiwi asal New Zealand mengungkapkan buah kiwi hanya tumbuh di daerah yang memiliki empat musim.

Khusus kiwi Zespri telah didistribusikan di 70 negara di dunia termasuk Indonesia. Zespri menjaga kualitas buah kiwi sejak proses penanaman, panen hingga diterima oleh konsumen di seluruh dunia.

Kampanye Feel the Difference Zespri mengajak masyarakat untuk dapat merasakan manfaat buah kiwi Zespri dibanding buah lainnya dengan melihat nutrisi yang terkandung di dalamnya. "Tahun ini musim ketersediaan buah kiwi Zespri di pasaran sejak Mei-Agustus untuk variant Gold Kiwifruit dan hingga bulan desember untuk Green Kiwifruit,"terangnya.

Saat ini Zespri Kiwifruit dikenal dengan dua variant, yakni Gold Kiwifruit yang rasanya lebih manis dan berwarna kuning dan Green Kiwifruit dengan rasa sedikit asam namun tetap segar.

Tahun ini, diperkenalkan dua varian baru yakni SunGold Kiwifruit dan Sweet Green Kiwifruit yang memiliki kandungan gizi lebih tinggi dan cita rasa yang lebih manis. Kiwifruit ini telah tersedia di seluruh Jawa dan Bali, Medan, Balikpapan dan Makassar. [yy/inilah.com]