pustaka.png
basmalah.png.orig


14 Dzulqa'dah 1442  |  Kamis 24 Juni 2021

Mau Fit Selama Puasa? Konsumsi Tiga Suplemen Ini

Mau Fit Selama Puasa? Konsumsi Tiga Suplemen IniFiqhislam.com - Saat kita menjalankan ibadah puasa, tubuh akan mengalami kekurangan nutrisi karena berkurangnya asupan makanan. Dengan begitu tubuh akan menjadi lemas saat bekerja.

Untuk menjaga kebugaran tubuh Anda selama puasa, ada beragam cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen makanan.

Berdasarkan yang dilansir dari dunia fitnes, ini adalah tiga suplemen yang dibutuhkan saat puasa, yaitu:

1. Vitamin

Saat puasa, kebutuhan vitamin dalam tubuh akan meningkat, seperti vitamin C, E, dan D. Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin E bekerja sebagai antioksidan dan mencegah kulit kering selama berpuasa.

Vitamin D berperan meningkatkan penyerapan kalsium dan mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Selain itu, vitamin D juga berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Protein

Tidak hanya vitamin, tubuh juga memerlukan protein. Protein layak menjadi sumber nutrisi utama baik saat sahur dan berbuka. Protein dicerna dan diserap tubuh secara perlahan dan konstan, sehingga dapat menyuplai tubuh secara berkala saat berpuasa. Suplementasi protein juga membantu menjaga kesehatan otot, kulit, rambut, dan membantu membangun jaringan tulang rawan.

3. Mineral 

Mineral merupakan nutrisi penting yang harus diperhatikan saat berpuasa. Kalsium adalah salah satunya. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan lesu dan menurunya daya tahan tubuh.

Kebutuhan kalsium orang usia 19-50 tahun adalah 1000 miligram per hari, namun kenyataannya, asupan kalsium orang Indonesia hanya sekitar 260-300 miligram per hari. Oleh karena itu, suplementasi kalsium sangat dianjurkan untuk kebutuhan tubuh Anda, terutama saat menjalani ibadah puasa.

Untuk lebih memastikan keadaan kondisi Anda selama puasa, bisa menghubungi dokter terdekat Anda.

[yy/aktual.co]