23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Agar Mulut Tak Bau Saat Puasa

Fiqhislam.com - Saat berpuasa enzim-enzim makanan yang tertinggal di mulut meninggalkan aroma yang tidak sedap, dan menyebabkan bau mulut. Bau mulut bisa membuat rasa tak nyaman. Ternyata ada beberapa cara sederhana untuk mengatasinya.

Nafas dan aroma mulut yang segar tetap bisa didapat saat berpuasa. Lakukan saja cara-cara sederhana dan mudah ini.

1. Gosok gigi dan kumur dengan air lemon

Gosok gigi sampai benar-benar semua bagian mulut bersih, jangan asal digosok. Setelah itu kumur-kumurlah dengan air yang dicampur dengan air jeruk lemon. Kumur beberapa kali sampai mulut benar-benar segar.

2. Minum teh atau air putih

Manurut University of Utah Health Care, minum teh hitam atau teh hijau saat sahur bisa membuat nafas lebih segar. Atau minumlah air putih banyak-banyak saat sahur untuk membunuh bakteri dalam mulut.

3. Seledri

Seledri bukan hanya enak untuk sup atau salad tetapi juga bisa mengurangi bau mulut. Kunyahlah beberapa helai daun seledri, walau mungkin agak langu dan pahit. Saun ini mengandung chlorophyll yaitu antiseptik yang dapat menetralisasi bau mulut. Pencernaan Anda juga bisa lebih lancar dengan memakannya.

4. Alpukat

Buah hijau lonjong yang legit ini ternyata juga dapat membantu menghilangkan bau mulut. Makanlah beberapa potong alpukat saat sahur. Buah yang lembut ini bisa meredam aroma tak sedap dari mulut.

5. Jus sayur dan buah

Selain dapat menyehatkan tubuh karena kandungan vitamin dan serat, jus sayur dan buah juga dapat membantu membuang halitosis atau bau mulut. Jus yang terbuat dari sayuran hijau lebih efektif mencegah bau mulut.

6. Cuka apel

Meski rasanya kecut, cairan ini ternyata berkhasiat untuk menjadi pencuci mulut yang ampuh. Campurkan setengah sendok makan cuka apel dengan segelas air putih lalu gunakan untuk kumur-kumur beberapa kali.

[yy/detik.com]