24 Rabiul-Akhir 1443  |  Senin 29 Nopember 2021

basmalah.png

Pria yang Kebanyakan Makan Keju Dapat Turunkan Kesuburan

Pria yang Kebanyakan Makan Keju Dapat Turunkan KesuburanFiqhislam.com - Sebuah studi mengatakan, pria muda yang makan lebih dari tiga iris keju setiap hari, kemungkinan besar untuk subur di kemudian hari sangatlah rendah.

Para peneliti menemukan, makan makanan penuh lemak susu dalam jumlah kecil, dapat merusak kesuburan para pria. Peneliti menemukan, pria yang makan bahkan tiga porsi keju sehati memiliki kualitas sperma yang lebih buruk dibanding yang lain.

Ada pun lemak susu yang dimaksud adalah, 28 gram keju, satu sendok teh krim, satu sendok es krim, atau segelas susu penuh lemak.

Para peneliti percaya, hormon wanita yang terjadi secara alami dalam susu dapat mengganggu kemampuan pria untuk bereproduksi.

Myriam Afeiche, yang memimpin penelitian, menjelaskan, hormon estrogen pada wanita dalam susu yang berasal dari sapi dapat memengaruhi kesuburan pria.

Ia menambahkan, ini mungkin terganggu oleh pestisida yang menemukan jalannya ke dalam produk susu tersebut.

Namun, Dr Allam Pacey, pakar kesuburan di Universitas Sheffield dan Ketua British Fertility Society, mengatakan, pria tidak harus menyerah pada susu murni atas dasar penelitian ini.

"Meskipun akan turun, tapi tidak kunjung menjadi merah kesuburan itu. Perubahan yang besarnya bagi seorang pria di sebuh klinik kesuburan, kita tidak akan khawatir tentang itu," kata Allam, seperti dikutip firstpost, Minggu (14/7/2013) [yy/liputan6.com]