30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Kerja di Ruang Ber-AC? Kenalilah Cobicle Cold

Kerja di Ruang Ber-AC? Kenalilah Cobicle ColdFiqhislam.com - Apakah hidung anda tersumbat setiap kali anda masuk ke ruangan ber-AC? Jangan salah, anda mungkin menderita kondisi yang disebut cubicle cold atau flu bilik.

Cubicle cold biasanya terjadi karena perbedaan suhu yang ekstrem, antara cuaca di luar dan di dalam kantor, yang biasanya dilengkapi dengan pendingin udara. Cubicle cold seringkali menyerang para profesional yang bekerja selama berjam-jam di ruangan berpendingin udara.

Biasanya, flu ini juga berkaitan dengan perubahan cuaca, dari panas kedingin. "Gejala cubicle cold biasanya berupa hidung tersumbat, bersin, sakit kepala dan batuk kering selama beberapa minggu sampai satu bulan. 90 persen kasus cubicle cold biasanya menyerang pekerja yang bekerja di ruangan ber-AC selama berjam-jam," kata ahli THT, Dr Ritu Sheth, seperti yang dilansir laman Times of India, Rabu (24/7).

Ia pun menyodorkan cara mencegah cubicle cold. Di antaranya makan sayuran atau buah-buahan yang kaya Vitamin A, E dan C sehingga dapat melindungi tubuh dari penyakit. Hindari minuman dingin, berminyak dan makanan pedas.

Jika anda kehujanan, keringkan tubuh anda sebelum anda masuk kantor. Ventilasi AC dan filter harus dibersihkan secara teratur. Jika ventilasi AC tidak dibersihkan secara teratur, maka akan menjadi tempat berkembang biaknya spora dan jamur.

Selain itu, kantor jendela harus dibiarkan dibuka selama satu jam setiap hari. Dengan demikian, sirkulasi udara tetap segar. [yy/jpnn.com]