25 Rabiul-Akhir 1443  |  Selasa 30 Nopember 2021

basmalah.png

4 Nutrisi Penting untuk Menambah Berat Badan

4 Nutrisi Penting untuk Menambah Berat BadanFiqhislam.com - Sebagian besar dari kita pasti ingin menurunkan berat badan. Tetapi di sisi lain, walaupun tidak banyak, ada orang-orang yang sangat ingin menaikkan berat badannya.

Mungkin Anda akan berpikir apa sih susahnya menaikkan berat badan. Cukup makan junk food sebanyak-banyaknya dan dalam beberapa bulan berat badan akan bertambah secara drastis. Namun orang yang underweight tidak bisa sembarangan menambah berat badannya.

Makanan yang tidak sehat dapat membuat berat bertambah tapi tubuh kekurangan nutrisi. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan nutrisi yang diasup. Beberapa nutrisi di bawah ini sangat penting untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat, seperti dikutip dari Boldsky.

1. Protein
Protein sangat penting dalam proses penambahan berat badan. Dengan mengonsumsi protein yang cukup, berat akan didapat dari massa otot yang bertambah dan bukan lemak. Anda dapat mengonsumsi makanan laut seperti salmon dan tuna karena kandungan proteinnya sangat tinggi. Disamping itu lengkapi dengan susu skim dan selai kacang.

2. Kolesterol Baik
Tubuh butuh asupan kolesterol untuk menambah berat badan. Pilihlah kolesterol baik yang terkandung dalam ikan bakar dan telur mentah. Telur mengandung banyak nutrisi penting yang dapat mengatasi kekurangan nutrisi. Anda juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond untuk menambah asam lemak Omega-3.

3. Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat sangat penting untuk dikonsumsi agar tubuh bisa mendapatkan energi. Karbohidrat yang masuk ke tubuh akan pecah menjadi gula dan kemudian memberi energi ke tubuh dan sisanya akan tersimpan sebagai lemak. Maka dari itu, pilih karbohidrat kompleks untuk mengurangi penyimpanan lemak. Mengganti nasi putih dengan nasi merah dan roti dengan roti gandum akan membantu Anda mendapat karbohidrat kompleks.

4. Lemak
Kita selalu berpikir bahwa lemak perlu dihindari karena akan membuat tubuh menjadi gemuk. Padahal tubuh juga membutuhkan asupan lemak. Oleh karena itu makanan berlemak sangat dibutuhkan oleh orang dengan berat badan kurang. Tetapi pilihlah lemak yang baik seperti yang terkandung dalam mentega dan keju.

[yy/wolipop.com]