5 Jumadil-Awal 1443  |  Kamis 09 Desember 2021

basmalah.png

Cara Alami Lancarkan Hidung Tersumbat

Cara Alami Lancarkan Hidung TersumbatFiqhislam.com - Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti misalnya udara dingin, alergi, flu atau sinus.

Sering kebanyakan orang enggan berobat ke dokter karena menganggap ini tak menimbulkan masalah yang besar. Padahal hidung tersumbat ini sama saja mengganggu pernafasan.

Jika enggan berhubungan dengan dokter atau obat kimia, sejumlah ramuan rumahan ini disebut dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Seperti dilansir dari boldsky.

Teh panas

Salah satu cara terbaik memerangi penyumbatan hidung adalah minum banyak teh panas. Cairan hangat akan membantu melonggarkan dan mengurangi lendir yang menyumbat hidung.

Selain membantu melancarkan dan mengurangi peradangan, beberapa teh sifatnya menenangkan sehingga membantu mengurangi sakit ketika hidung tersumbat. Seperti teh hijau dan peppermint.

Diuap

Anda bisa menghirup uap air panas untuk cara yang cepat melancarkan saluran yang tersumbat lendir.

Lakukan dengan mengisi setengah ember dengan air panas dan tambahkan tiga sendok teh cuka. Duduk menghadap ember dengan bantuan selimut membungkus badan untuk mencegah uap keluar kemana-mana.

Hirup panjang-panjang uap ketika Anda bernafas.

Mandi air panas atau hangat

Mandi air panas dianggap cara mudah dan terbaik sebagai bahan alami untuk melancarkan saluran yang tersumbat.

Saat Anda merasakan hidung sudah mulai tersumbat segera mandi air panas dan hirup panjang-panjang uap dari air panas. Ini akan melancarkan lendir yang memenuhi rongga hidung.

yy/inilah.com