pustaka.png
basmalah.png.orig


11 Dzulqa'dah 1442  |  Senin 21 Juni 2021

Daun Wungu Dapat Obati Diabetes

Daun Wungu Dapat Obati DiabetesFiqhislam.com - Tim mahasiswa peneliti dari Institut Pertanian Bogor menemukan bahwa daun wungu (Graptophylum pictum L. Griff) tidak hanya bermanfaat untuk mengobati ambeien tapi juga mampu menjadi obat penurun kadar gula darah atau antidiabetes. Daun Wungu memiliki komponen fitokimia sama dengan daun sirih merah yang bisa menjadi obat diabetes.

Itu dikatakan Aziz Nuraditya, anggota tim peneliti mahasiswa diploma Program Keahlian Analisis Kimia, di Bogor, Kamis (15/8). Daun wungu biasa digunakan masyarakat di Kabupaten Indramayu sebagai obat ambeien, seperti halnya juga daun sirih merah.

Daun Wungu berasal dari Papua dan Polinesia itu merupakan tumbuhan liar yang banyak tumbuh di pinggir-pinggir jalan, kebun kosong, pagar, atau
ditanam sebagai tanaman hias pekarangan. Dilihat dari silsilah daun Wungu termasuk dalam famili Acanthaceae yang secara signifikan memiliki kemampuan memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh manusia dan pasien diabetes.

Dijelaskan Aziz, dalam tubuh manusia enzim a-glukosidase membantu memecah rantai polisakarida pada ikatan a(1-6) di setiap titik percabangan yang tidak dapat dipecahkan oleh enzim amilase. "Aktivitas enzim ini menghasilkan polimer a(1-4) tak bercabang dan satu glukosa," ujarnya.

Senyawa itu, lanjut Aziz, memperlambat pencernaan pati dalam usus halus, sehingga glukosa dari pati dan makanan memasuki aliran darah lebih lambat dan dapat disesuaikan lebih efektif oleh suatu gangguan respons atau sensitivitas insulin. "Bila kerja enzim itu dihambat, proses konversi karbohidrat menjadi glukosa bisa ditekan," tuturnya. [yy/metrotvnews.com]