22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Lima Fakta tentang Alpukat yang Sedikit Orang Tahu

Lima Fakta tentang Alpukat yang Sedikit Orang TahuFiqhislam.com - Pada sebagian masyarakat, alpukat cenderung dikategorikan sebagai sayuran ketimbang buah. Warnanya yang hijau dan rasanya yang gurih membuatnya dijadikan pelengkap masakan.

Namun, secara teknis, alpukat adalah buah. Fakultas Sumber Daya Alam dan Pertanian Universitas California menyebutnya sebagai "ovarium bunga yang matang".

Buah alpukat terdiri dari lapisan luar yang keras (kulit luar), lapisan tengah, dan lapisan tipis di sekitar biji. Daging buah yang dikonsumsi berada di antara biji dan kulitnya.

Jika Anda penyuka alpukat, Anda telah "jatuh cinta" pada buah yang tepat. Menurut situs Huffington Post, alpukat memberikan manfaat bagi tubuh di luar yang Anda bayangkan.

Situs ini mengurai lima fakta tentang alpukat yang hanya sedikit orang yang tahu.

Memiliki kalium lebih banyak dari pisang
Sebuah alpukat memiliki 975 miligram kalium, sementara pisang, terkenal karena sarat dengan kalium, memberikan hanya setengahnya, atau sekitar 487 miligram per buah besar.

Disimpan dengan pisang dan apel agar lebih cepat matang
Pisang dan apel melepaskan gas etilen, hormon tanaman yang terjadi secara alamiah. Menurut The Haas Avocado Board, jika Anda menyimpan alpukat mentah dalam kantong cokelat dengan apel atau pisang, gas terjebak dalam tas akan membantu alpukat lebih cepat matang.

Sarat protein
Satu alpukat ukuran sedang mengandung enam gram protein, tertinggi di antara buah-buahan. Menurut San Francisco Chronicle, selain protein, alpukat mengandung 18 jenis protein yang dibutuhkan tubuh, yang tak semuanya terkandung dalam protein hewani.

Bisa menggantikan fungsi mentega
Teksturnya yang lembut dan lemaknya yang menyehatkan membuat alpukat menjadi substitusi mentega, terutama untuk jenis makanan panggang. Dalam rasio yang tepat, Anda dapat mengurangi jumlah mentega dan menggantinya dengan alpukat untuk membuat chocolate chip yang sehat, juga untuk roti pisang dan brownies.

Membuat kulit dan rambut menjadi indah
Alpukat mengandung zat yang membuat kulit dan rambut sehat. Antioksidan, asam amino, dan minyak esensial dalam alpukat dapat membantu memperbaiki rambut rusak, melembapkan kulit kering, mengobati kulit yang terbakar, bahkan meminimalkan keriput.

yy/tempo.co